TRUK GALIAN C RUSAK LINGKUNGAN NAGARI PANINGGAHAN

Warga Blokir Jalan


Rabu, 10 Agustus 2016 - 05:14:13 WIB

SOLOK, HALUAN—Konflik masyarakat dengan perusahaan  tambang galian C di Kec. Junjung Sirih kembali terjadi. Puluhan warga Dusun Kampungbaru, Jorong Gando, Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjungsirih, Kabupaten Solok berunjuk rasa. Mereka menutup akses jalan utama perlintasan truk tambang galian C di daerah itu, Senin (8/8) kemaren.

Dari informasi yang di­rangkum Haluan meny­e­butkan, aksi demo warga yang mayoritas kaum ibu ini, dipicu oleh aktifitas lalu­lintas ratusan truk pengang­kut hasil tambang galian C yang setiap hari melintas di kawasan tersebut telah me­nimbulkan dampak kerusa­kan lingkungan. Aktifitas distribusi truk galian C itu ditenggarai tak hanya me­rusak jalan, namun abu yang ditimbulkan juga telah meng­ganggu kesehatan mas­yarakat di daerah itu.

Beruntung,Kapolres So­lok Kota AKBP Susmelawati melalui Kapolsek Jun­jung­sirih AKP Basri berhasil memediasi perwakilan warga dan pengusaha tambang, sehingga  ini tak sempat sempat meluas dan membuat kemacetan. Beberapa butir kesepakatan pun dihasilkan, yang ditanda tangani ber­sama dengan Camat Jun­jung­sirih, Wali Nagari, Ka­polsek, perwakilan masya­rakat, dan pengusaha tam­bang itu sendiri.

Di antara kesepakatan yang harus dipenuhi pihak tambang hasil pertemuan tersebut, adalah pihak tam­bang berjanji akan mengas­pal jalan di kawasan dusun Kampungbaru, Jorong Gan­do. Kedua, sebelum pengas­palan berlangsung, pihak perusahaan tambang akan menyiram jalan berdebu sebanyak 6 kali sehari. Ke­tiga, untuk penyiraman ja­lan, pihak tambang akan menyediakan pompa air di­lokasi jalan berdebu.

Kemudian, jika ada mas­yarakat yang menderita sakit akibat dampak debu jalan, pihak tambang bersedia membiayai pengobatan dan warga bersedia kembali mem­buka jalan setelah pi­hak tambang menyepakati hal tersebut.

Sementara untuk menye­lesaikan konflik masyarakat dengan para pemilik tam­bang di daerah itu, Pemkab Solok berencana memanggil semua pengusaha tambang galian C yang beroperasi di kawasan itu. Karena masalah terkait aktifitas tambang galian C di  Paninggahan telah menjadi konflik tahu­nan antara masyarakat de­ngan pihak penambang. Karena sebelumnya, masya­rakat nagari Saningbakar kec. X Koto Singkarak juga melakukan hal yang sama pada tahun lalu.

“Kita akan panggil para pengusaha tambang Paning­gahan secepatnya. Agar per­soalan ini jernih dan tidak berlarut-larut. Karena kalau dibiarkan, masyarakat akan selalu dirugikan,” kata Wa­kil Bupati Yulfadri Nurdin men­jawab Haluan, Selasa (9/8).

Searah dengan itu, Bu­pati Solok Gusmal  juga menegaskan, pihaknya  tak ingin persoalan tambang ini selalu menjadi momok  bagi masyarakat setempat. Menu­rutnya, persoalan  ini seha­rus­nya menjadi perhatian serius bagi pemilik tambang karena tidak kalo ini saja terjadi. “Kita akan panggil pengusaha tambang dan meminta pertanggung­ja­wabannya,” tegas Gusmal.

Sementara itu, kondisi masyarakat pasca aksi protes warga kemaren sudah kem­bali kondusif dan aktifitas lalu lintas truk tambang kembali normal. “Sudah kondisif, tidak ada lagi de­mo,” kata Camat Junjung­sirih, Herman yang dihu­bungi terpisah.

Pihaknya juga mengaku telah ditemui masyarakat terkait isi perjanjian yang tidak mencantumkan waktu kapan akan dilangsungkan pengecoran jalan. “Tadi ada yang datang dan telah diru­bah perjanjiannya. Pihak pengusaha tambang akan mencor jalan tersebut sebu­lan lagi atau tanggal 8 Sep­tember 2016,” jelas Camat.

Sebelumnya, perwakilan warga setempat, Nurhayati, 51, mengaku kecewa dengan hasil kesepakatan bersama itu. Karena saat mediasi mediasi di Kantor camat pada Senin kemaren, pihak pengusaha tambang berjanji akan melakukan pencoran atau pengaspalan jalan pa­ling lama sekitar 1,5 bulan lagi, namun, janji tersebut tidak tertuang dalam berita acara mediasi tersebut. (h/ndi)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]