Polisi dan Mantan TNI Tewas


Rabu, 10 Agustus 2016 - 05:38:27 WIB
Polisi dan Mantan TNI Tewas Jenazah Bripda Rahmat Ade Fitra dibawa ke kampung halamannya di Tanjung Simaligu, Kabupaten Dharmasraya untuk dimakamkan. Anggota Dit Resnarkoba ini tewas ketika melakukan operasi penangkapan pelaku penyalahgunaan narkotika di kawasan By Pass Ampalu, Kecamatan Lubuk Begalung pada Selasa (9/8) sekitar pukul 11.30 WIB. (MUHAMMAD AIDIL)

Seorang anggota polisi, Bripda Rahmat Ade Fitra tewas ketika akan menangkap mantan anggota TNI yang terlibat narkoba.

PADANG, HALUAN — Seo­rang anggota Direktorat Re­serse (Dit Res) Narkoba Polda Sumbar, Bripda Rahmat Ade Fitra yang masih bujangan gugur dalam tugas  di tangan seorang pria mantan oknum Tentara Nasional Indonesia (TNI) bernama Hery Rudyanto yang sudah dipecat.

Hery Rudyanto susah lama menjadi incaran polisi, karena diduga sebagai pengedar sa­bu-sabu. Bahkan Hery dipecat dari keanggotaan TNI pada tahun 2014 juga karena ter­libat narkoba.

Kapolda Sumbar, Brigjend Pol Drs Basarudin kepada wartawan di RS Bhayangkara Polda Sumbar kemarin me­ngata­kan, penangkapan pela­ku narkoba yang diperkirakan berjumlah dua orang tersebut telah direncanakan oleh tim dua Dit Res Narkoba Polda Sumbar yang dipimpin oleh Kasubdit II Dit Res Narkoba Polda Sumbar, AKBP Hendri sejak hari Senin (8/8) sekitar pukul 23.00 WIB.

Pada hari Selasa (9/8) seki­tar pukul 11.30 WIB, Bripda Rahmad Ade Fitra yang me­nyamar sebagai pembeli sabu-sabu janjian transaksi di ka­wasan By Pass, tepatnya di Ampalu, Kecamatan Lubuk

Begalung Padang dengan Hery Rudyanto.

Waktu itu pelaku Hery ber­sama seorang temannya mengen­darai mobil Toyota Avanza. Ade sendiri yang menyamar sebagai pembeli sabu-sabu berada dalam satu mobil dengan kedua pelaku. Mobil ini dikemudikan oleh Hery.

Di tengah perjalanan, pelaku yang khawatir dibayangi oleh polisi, kemudian mengganti ken­daraannya dengan satu mobil jenis Suzuki Carry dengan nomor polisi BA 1208 AN.

Memang benar, lima anggota polisi lainnya dengan mengenda­rai tiga sepeda motor membuntuti mobil pelaku. Kedua pelaku menduga bahwa Ade merupakan anggota polisi yang ingin menje­baknya. Cekcok antara pelaku dengan Ade pun terjadi. Adanya suara gaduh hingga akhirnya  petugas lain yang mengintai pergerakan pelaku  melepaskan sebuah tembakan peringatan.

Hery yang menjadi sopir didu­ga panik. Dia kemudian mena­brakkan mobilnya ke sebuah mobil kontainer jenis tronton yang berada di tepi jalan untuk membuka ruang melarikan diri. Namun upaya Hery untuk kabur berakhir setelah dua timah panas ditembakkan oleh petugas di lengan sebelah kiri dan paha sebelah kanan Hery. Dia langsung tewas di lokasi kejadian.

Kapolda mengatakan, pelaku yang lari terlebih dulu diberikan tembakan peringatan oleh petugas namun tidak dihiraukan, hingga akhirnya salah satu pelaku Hery Rudyanto berhasil ditembak oleh anggota Narkoba Polda Sumbar.  Jenazah Hery kemudian dibawa ke RS Bhayangkara Polda Sumbar.

“Untuk satu orang pelaku lainnya yang berhasil kabur hing­ga saat ini masih diburu oleh polisi,” tutur Basarudin.

Sementara Ade sendiri dite­mukan sudah terkapar di dalam mobil yang dibenturkan pelaku ke kontainer. Ade sempat dilarikan ke Semen Padang Hospital (SPH) untuk mendapatkan penanganan medis. Saat dilarikan ke rumah sakit, tubuh Ade sendiri dipenuhi luka di bagian kepala dan le­hernya, sementara telinganya juga mengeluarkan darah akibat kece­lakaan tersebut. Nyawa Ade tak tertolong lagi akibat banyak mengeluarkan darah. Jenazah Ade kemudian dibawa ke RS Bhayang­kara Polda Sumbar untuk divisum.

Setelah itu, jenazah Ade sen­diri dibawa ke kampung halaman­nya di kawasan Tanjung Simaligu, Kabupaten Dharmasraya pada pukul 19.00 WIB dengan meng­gunakan mobil ambulance Bid Dokkes Polda Sumbar. Sebelum­nya dilakukan upacara penghor­matan terakhir oleh rekannya angkatan 2013 di Aula RS Bha­yangkara Polda Sumbar.

Pantauan Haluan di RS Bha­yangkara Polda Sumbar, terlihat sejumlah pejabat teras di Polda Sumbar seperti Kapolda Sumbar, Brigjend Pol Drs Basarudin, Wa­kapolda Sumbar, Kombes Pol Nur Afiah, Karo Ops, Kombes Pol Subnedih, Kabid Humas Polda Sumbar, dan sejumlah pejabat teras Polda Sumbar lainnya. Tidak ke­tinggalan juga, Komandan Deta­semen Polisi Militer (Dan­denpom) 1/4 Padang, Letkol (CPM) Didik Haryadi juga ikut hadir untuk mengetahui latar belakang dari Hery Rudyanto sendiri.

“Setelah ditelusuri, ternyata pelaku merupakan seorang man­tan oknum TNI yang bertugas di kesatuan Batalyon Infanteri (Yo­nif) 133/Yudha Sakti yang dipe­cat karena terlibat dalam kasus narkoba juga. Dirinya dike­tahui pernah menjadi seorang Tentara dari tanda pengenalnya,” tambah Basarudin.

Sementara itu, Dandenpom 1/4 Padang, Letkol (CPM) Didik Haryadi mengatakan kedata­ngan­nya ke RS Bhayangkara Polda Sumbar adalah untuk mengetahui identitas pelaku yang tewas.

“Ternyata benar, pelaku yang tewas sudah dipecat pada tahun 2014 akibat kasus narkoba, jadi dia sudah bukan anggota TNI lagi,” ujar Didik.

Sementara itu, Danrem 032 Wirabraja Brigjend TNI Agus Bakti Fadjari melalui Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 032/Wirabraja, Mayor (Kav) Des­wanto menyebutkan bahwa pelaku sudah dipecat pada tahun 2014 akibat kasus penyalahgunaan narkotika.

“Pelaku dipecat berdasarkan Surat Perintah (Sprin)/508/VIII/2014, petikan putusan nomor : PUT/81-K/PMT I/BDG/AD/VIII/2013 tanggal 12 Desember 2013 dengan dakwaan melakukan tin­dak pidana narkotika. Dia sendiri dipenjara selama satu tahun em­pat bulan di tahanan militer dan diberhentikan dengan tidak hormat pada tanggal 5 April 2014 dengan pangkat terakhir adalah Sersan Satu,” papar Deswanto.

Sementara itu, Dasran (61), mertua mantan anggota TNI, Hery Rudyanto mengaku tidak me­ngetahui sama sekali bahwa menantunya tersebut terlibat dalam kasus narkoba.

“Saya sama sekali dia terlibat dengan bisnis haram tersebut, karena selama ini dia membantu saya dalam usaha pembuatan roti yang dijajakan ke kampus-kam­pus,” kata Dasran.

Dia sendiri pada saat kejadian mengaku baru pulang dari kam­pus Unand untuk mengantarkan roti dan berniat hendak pulang ke rumahnya di kawasan Air Pacah. (h/mg-adl/h/mg-ina)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]