Sumbar Siap Menghadapi PON


Rabu, 10 Agustus 2016 - 12:26:29 WIB

PADANG, HALUAN — Ko­mite Olahraga Nasional In­donesia (KONI) Sumatera Ba­rat mengatakan kalau konti­ngan Sumbar sudah siap untuk menghadapi PON. Berbagai persyaratan pun sudah di­siapkan untuk mengikuti ajang multi iven sekali empat tahun tersebut.

“Chief de Missionnya yai­tu Wagub Sumbar Nas­rul Abit. Kami juga melibatkan be­berapa dari luar seperti Beny Wendri dari Se­men Pa­dang dan Syafrizal mantan Plt Dirut Bank Nagari. Total atlet yang akan mengi­kuti PON adalah sebanyak 312 orang dan 84 pelatih,”ujar Plt Ketua KONI Sumbar, Syaiful kemarin

Untuk para atlet sendiri, KONI Sumbar sudah mem­bagi dalam tiga tahapan yaitu TC berjalan, TC penuh dan TC terpadu yang akan digelar pada awal bulan Sep­tember hingga kebe­rang­katan. “Untuk TC penuh kami serahkan ke ma­sing-masing Pengurus Pro­vinsi (Pengprov) cabang olah­raga dan kami memberikan uang harian Rp 75 ribu per hari,” tuturnya.

Untu TC terpadu yang ren­ca­nanya akan menginapkan seluruh atlet di asrama haji, kemungkinan tidak akan di­ikuti semua atlet. Hal ini disebabkan ada beberapa atlet yang berpotensi untuk meraih medali emas berlatih di luar Sumbar.

“Untuk TC terpadu ini uang harian atlet tersebut kami naikkan menjadi Rp100 ribu. Bagi atlet yang melakukan persiapan di luar Sumbar kami perbolehkan untuk tidak me­ngi­kuti TC terpadu di Pa­dang,” ujarnya lagi.

Sementara itu untuk kebe­rangkatan kontingen Sumbar ke Bandung Jawa Barat tidak akan bersama-sama, namun ada beberapa gelombang. Me­nurut Syaiful tidak bersama-samanya kontingen Sumbar berangkat karena adanya be­berapa cabang olahraga yang butuh penyesuaian tempat pertandingan.

“Bukannya kami tidak mau kompak, sebab seperti cabang gantole mereka butuh waktu untuk beradaptasi de­ngan tempat pertandingan. Makanya mereka berangkat terlebih dahulu,”ujar pria yang juga berprofesi sebagai pe­ngacara ini.

Lebih jauh dirinya menga­takan bahwa beberapa cabang olahraga sudah melakukan ujicoba untuk persiapan meng­­hadapi PON.

“Salah satu­nya yang se­dang beru­jicoba adalah ca­bang gantole. Atlet Sumbar berhasil meraih me­dali emas atas nama Rija­ludin dan pan­jat tebing mela­kukan tes iven di Bali,” tu­turnya. (h/san)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]