SMPN 30 Padang Jadikan Khatam Alquran Syarat Kelulusan


Rabu, 10 Agustus 2016 - 12:34:20 WIB

PADANG, HALUAN — Se­kolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 30 Padang menjadikan khatam Alquran sebagai salah satu syarat kelulusan. Khatam Alquran diadakan satu kali dalam setahun dan tahun ini sudah memasuki tahun keenam.

Kepala SMPN 30 Padang Firdaus Z menyatakan untuk khatam Alquran akan diadakan satu hari sebelum perpisahan Siswa kelas IX. Sebelum khatam siswa kelas tujuh akan diajarkan membaca Alquran. Untuk kelas membaca Alquran dibagi atas empat kelas.

“Kelas A diisi oleh siswa yang benar-benar tidak bisa membaca Alquran yang hanya mengetahui huruf saja. Kelas B diisi oleh siswa yang sudah tahu dengan huruf dan bisa me­rangkai tapi belum bisa memakai irama. Kelas C diisi oleh siswa yang sudah bisa membaca Al­quran tetapi belum pas di peng­gunaan tadjwid. Sedangkan untuk kelas D diisi oleh siswa yang telah lancar dan fasih membaca Alquran dan paham mengenai penggunaan tajwid,” ucap Firdaus Z.

Menurut Firdaus kelas yang paling banyak diisi adalah kelas B. Untuk pengajar berasal dari guru agama dan guru luar yang berasal dari sekolah tinggi ilmu Alquran. Sedangkan untuk kelas D biasanya dipersiapakan untuk mengikuti lomba.

Semua siswa yang mengikuti kelas membaca Alquran tidak akan semuanya lulus dalam tes khatam Alquran. Jika belum lulus di kelas VII mereka harus mengikuti kembali di kelas VIII hingga mereka mendapatkan tanda khatam Alquran.

“Jadi tidak akan diluluskan jika siswa tersebut memang tidak lancar membaca Alquran. Ini komitmen kami. Bahkan ada siswa yang tidak jadi masuk ke SMP N 30 Padang karena me­wajibkan siswa untuk khatam Alquran,” ujar Firdaus Z.

Untuk kelas ini dilak­sa­nakan setiap hari Sabtu dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Untuk tahun 2016 ini ada yang berbeda dengan program khatam Alquran se­belumnya. Kalau sebelumnya siswa diberi Alquran baru usai khatam Al­quran, sekarang diberikan pada saat siswa kelas VII mendaftar ulang.

“Setiap hari siswa diwajibkan untuk membawa Alquran ke sekolah. Bahkan setiap hari guru disuruh untuk memeriksa siswa agar selalu membawa Alquran. Karena setiap pagi siswa di­wajibkan membaca Alquran pada pukul 06.45 hingga pukul 07.00 WIB,” tutup Firdaus Z. (h/mg-mel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]