Dosen Muda STKIP PGRI Sumbar Terima Pelatihan AA


Rabu, 10 Agustus 2016 - 13:08:11 WIB

PADANG, HALUAN —Seko­lah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat mela­kukan pelatihan Applied App­roach (AA) bagi 48 dosen mudanya. Program ini meru­pakan program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kom­peten­si profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis.

“Pelatihan ini sebelumnya dikenal dengan Akta V, tetapi sekarang sudah tidak lagi dise­lenggarakan pemerintah dan diganti dengan AA. Program ini wajib diikuti dosen. AA lebih singkat dibanding Akta V yang memakan waktu enam bulan. Tak hanya itu, AA bisa diselenggarakan di perguruan tinggi bekerjasama dengan kopertis,” ucap Ketua STKIP PGRI Sumbar Dr Zusmelia, Msi didampingi Wakil Ketua I Sri Imelwaty, MPd, PHd di ruang kerjanya, Selasa (9/8).

Zusmelia mengatakan, ta­hun ini merupakan tahun keli­ma penyelenggaraan AA di STKIP PGRI. Program ini juga merupakan salah satu per­syaratan yang harus dipenuhi dosen yang akan sertifikasi, yang membuktikan mereka dosen profesional. Tahun lalu, STKIP baru saja menerima 28 dosen baru sehingga harus dilaksanakan program ini sebe­lum perkuliahan dimulai. Se­lain dosen STKIP, juga turut bergabung dosen dari uni­versitas lain, seperti Universitas Darma Andalas, Stikes Darma Landbow, STMIK Indonesia dan dosen mandiri.

Ia juga mengatakan, pihak yayasan beserta kampus terus mendorong agar dosen tetap berkompeten. Hingga saat ini, pihak kampus tetap disiplin terhadap rasio dosen dan mahas­iswa dengan rasio 1:27 untuk jurusan IPA dan 1: 33 untuk jurusan IPS.

“Dengan rasio ini, perg­guruan tinggi kami tergolong sehat,” katanya.

Tak sampai disana, pihak kampus juga mendorong dosen mengambil program doktor. STKIP sendiri menargetka 20 persen dari 269 dosen bisa meraih gelar doktor.

“Saat ini sudah 12 dosen yang bergelar doktor, dua dosen lagi sudah selesai meng­gelar ujian tertutup. Dan kami sudah mengirim 28 dosen untuk studi lanjut, delapan di antaranya dikirim tahun ini,” terangnya lagi.

Kemudahan lain yang dira­sakan dosen yang sedang studi lanjut adalah tetap diberi gaji, meskipun bebas dari jam mengajar. Ini adalah komitmen yayasan terhadap mutu dosen.

Sri Imelwaty yang juga Ketua Panitia Program AA ini mengatakan, pelatihan dilak­sanakan selama 3 hari, 8-10 Agustus 2016. Dengan nara­sumber Prof Ganefri, MPd, PHd, Prof Dr Elizar Jalius, Prof Dr Syahrul, MPd, Dr Zusmelia, MSi dan Drs Hanafi, MS.

“Kegiatan ini bertujuan menghasilkan dosen ber­kua­litas, memahami pembelajaran di ruang kelas, dosen profe­sional. Kegiatan ini kerja sama antara UP3M dan UPJMI STKIP PGRI Sumbar,” ucapnya. (h/eni)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:19:52 WIB
    LAKUKAN RISET

    Ganefri Siapkan Bonus Rp15 Juta Bagi Dosen

    Ganefri Siapkan Bonus Rp15 Juta Bagi Dosen PADANG, HALUAN —Uni­versitas Negeri Padang (UNP) menyiapkan bonus besar bagi dosen yang melakukan riset dan penelitian. Langkah ini ditawarkan UNP untuk kembali meningkatkan minat dosen menghasil riset dan penelitian yang .
  • Rabu, 12 Oktober 2016 - 01:20:34 WIB

    Makalah Dosen Harus Masuk Jurnal Internasional

    Makalah Dosen Harus Masuk Jurnal Internasional PADANG, HALUAN —Rek­tor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri me­ng­harapkan setiap hasil riset, makalah, dan hasil seminar internasional yang digelar di UNP harus dipublikasikan ke dalam jurnal internasional. Lan.
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 03:28:36 WIB
    USIA KE-29

    PNP Tingkatkan Mutu Dosen

    PNP Tingkatkan Mutu Dosen PADANG, HALUAN — Di usia 29 tahun, Politeknik Negeri Padang (PNP) ber­tekad menjadi pendidikan tinggi vokasi berdaya saing. Untuk mewujudkan lulusan yang bermutu, PNP meng­genjot mutu dosen dan tenaga kependidikan..
  • Rabu, 28 September 2016 - 02:32:19 WIB

    Dosen STTIND Temukan Pengganti Minyak Tanah

    PADANG, HALUAN — Meningkatnya harga bahan bakar minyak dunia, sangat berdampak pada kenaikan harga jual bahan bakar mi­nyak, termasuk minyak tanah di Indonesia. Tak pelak, kon­disi ini membuat masyarakat resah karena haru.
  • Kamis, 08 September 2016 - 02:35:08 WIB

    Makalah Dosen IAIN IB Lolos di AICIS 2016

    Makalah Dosen IAIN IB Lolos di AICIS 2016 PADANG, HALUAN —Kar­ya ilmiah dosen dan ma­ha­siswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang dinyatakan lolos dan layak dipresentasikan sebagai makalah terbaik di hadapan tim Annual International Con­fere.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]