Nagari Manggopoh Gelar Festival Baju Kurang Basiba


Rabu, 10 Agustus 2016 - 18:05:54 WIB
Nagari Manggopoh Gelar Festival Baju Kurang Basiba Wali Nagari Manggopoh, Ridwan bersama peserta festival baju kuruang basiba.

AGAM, HALUAN- Nagari Manggopoh menggelar festival baju kuruang basiba di Medan Nan Bapaneh Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung dalam rangka peringati HUT Perang Manggopoh ke-108, Rabu (10/8).

Wali Nagari Manggopoh, Ridwan mengatakan, baju kuruang basiba jangan sampai hilang karena ini merupakan pakaian  tradisional Minangkabau. Meski banyak  ragam  pakaian yang beredar saat ini tapi jangan sampai meninggalkan ciri khas budaya sendiri." Kegiatan ini juga dijadikan sebagai ajang memperkenalkan, menghayati dan melestarikan pakaian  minang yaitu baju  kuruang basiba. Generasi muda, harus didekatkan dengan identitas mereka. Baju kuruang basiba itu pakaian nya longgar, tentu akan menjaga perempuan terhindar dari perbuatan yang tidak baik,” jelasnya

Ketua Bundo Kanduang Kabupaten Agam, Rosmiati saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, baju kuruang basiba ciri khas pakaian wanita Minang yang harus didekatkan kembali di tengah masyarakat.Ia juga mengaku bangga dan mendukung pemerintah Nagari Manggopoh dalam menggelar festival tersebut, apa lagi yang memperagakannya kepada anak-anak remaja. Baju kuruang basiba ini menjadi pendorong kaum wanita untuk berpakaian selayaknya wanita minang. (h/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]