‘Wiji Thukul’ Hadir di Swiss


Kamis, 11 Agustus 2016 - 03:33:17 WIB
‘Wiji Thukul’ Hadir di Swiss

Akhirnya, setelah ketidak­pastian selama puluhan tahun, penyair dan aktivis Wiji Thukul berhasil ‘ditemukan’. 

Adalah sutradara Yosep Anggi Noen, Yulia Evina Bhara, Muara Foundation, Partisipasi Indonesia, KawanKawan Film dan LimaEnam Films yang berhasil ‘menemukan kembali’ Wiji Thukul. Bukan fisiknya, tapi semangat dan ideologinya dalam sebuah film berjudul ‘Istirahatlah Kata-kata’.

‘Istirahatlah Kata-kata’ me­ru­pakan film fiksi yang men­ceritakan tentang sosok Wiji Thukul. Film ini pertama kali diputar di dunia pa­da 9 Agustus ke­ma­rin di ajang Locarno Inter­national Film Festival 2016, pada sesi Concorso Cine­asti del Presente.

‘Istirahatlah Ka­ta-kata’ di­bin­tangi oleh Gunawan Mar­yanto sebagai sang penyair yang hilang di tengah huru-hara Reformasi 1998. Sedangkan Marissa Anita men­jadi Sipon, istri Thukul.

“Di Film ini suara Wiji Thukul terdengar. Dulu sangat terdengar di tahun 80-90 an, dengan film ini se­moga generasi kami juga bisa mendengar suara Wiji melalui p­u­isi-puisinya,” ko­men­tar Marissa Anita.

“Untuk itulah film ini dibuat, agar kami dan generasi muda Indonesia belajar tentang seja­rah. Bahwa demokrasi diper­juang­kan oleh banyak orang dan salah satunya adalah Wiji Thu­kul,” tambah produser Yulia Evina Bhara.

Rencananya, ‘Istirahatlah Kata-kata’ akan tayang di Indo­nesia akhir tahun ini. (h/dtc)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]