Investor Jepang Lirik Natuna


Kamis, 11 Agustus 2016 - 03:41:07 WIB

NATUNA, HALUAN — Deputi I Bidang Koordinasi Kedaulatan Menko Maritim dan Sumberdaya, Arif Havas Oegroseno me­ngatakan, Jepang sudah menunjukkan niatnya berinvestasi di Natuna. Jepang memilih pem­bangunan pasar ikan dengan fasilitas lengkap sebagai sasaran investasinya di Natuna.

Arif berkata, beberapa waktu lalu Menko Maritim dan Menteri Kelautan me­lakukan pertemuan dengan Duta Besar Jepang di Jakarta. Pada Pertemuan itu dise­pakati bahwa negara Mata­hari Terbit  itu menyatakan semangatnya untuk mem­bangun pasar ikan dengan fasilitas lengkap di Natuna.

“Hasil pertemuan itu lang­sung disampaikan Duta Besar Jepang kepada pe­merintahnya, dan pemerintah Jepang langsung merespon. Dalam waktu dekat ini me­reka akan mengirim tim ahli ke Natuna untuk melakukan kajian awal,” kata Arif saat memimpin rapat Koordinasi Kemaritiman di Kantor Bu­pati Natuna, kemarin.

Semangat Jepang itu pun langsung direspon oleh pe­merintah Indonesia dengan melakukan berbagai per­siapan di Natuna, di anta­ranya pengembangan zonasi wilayah lindung ikan napo­leon dan pengadaan cold storage skala besar di se­jumlah titik di Natuna.

Selain itu pemerintah juga akan mengalokasikan ban­tuan paket rumput laut ke Natuna, penguatan kelem­bagaan Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) dan pengadaan kapal 33 unit dengan bobot 5 GT ke bawah dan 27 unit kapal dengan bobot 5 GT ke atas.

“Persiapan dimulai tahun ini, semuanya akan mulai dibangun dan dialokasikan ke Natuna tahun ini, agar pada saatnya nanti, Indonesia tidak kalah persiapan dengan Je­pang,” ungkapnya.

Selain hal di atas, pe­merintah juga akan mem­berikan alat tangkap sesuai keperluan nelayan Natuna dan nelayan-nelayan itu juga akan dibekali dengan asu­ransi.

“Pemerintah akan me­mulainya dari penyiapan nelayan dulu dan beberapa sarana pendukung yang di­perlukan. Nelayan kita harus menguasai banyak hal yang berkenaan dengan perikanan karena pasar yang hendak dibangun Jepang itu me­rupakan pasar yang lengkap, jadi banyak permintaan yangmesti dipenuhi oleh nelayan kita. Nanti pasar itu akan jadi rujukan perikanan,” pungkasnya. (h/fat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 19:35:54 WIB

    Objek Wisata Alam Bendungan Sarasah Tanggo Butuh Investor

    Objek Wisata Alam Bendungan Sarasah Tanggo Butuh Investor LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Objek wisata alam bendungan Sarasah Tanggo, Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, sampai saat ini masih milik Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyar (PU/PR), Dirjen S.
  • Senin, 21 Maret 2016 - 03:47:41 WIB

    Bintan Dilirik Investor Cina

    BINTAN, HALUAN — Potensi di Ka­bupaten Bintan tak hanya dari sektor pariwisata, tetapi juga berpotensi dari sektor industri. Potensi ini terlihat dengan kunjungan Kepala Kamar Dagang (Kadin) Cina yang memboyong investor da.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]