Ade Rizki Kunjungi Sejumlah Posyandu di ABTB


Kamis, 11 Agustus 2016 - 03:42:29 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Anggota DPR RI, Ade Rizki Pratama kunjungi sejumlah pos pelayanan terpadu (Posyandu) di Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), Selasa (9/8). Kunjungan yang dilakukan, untuk melihat kegiatan-kegiatan yang dijalankan oleh posyandu. Menurut Ade Rizki, posyandu merupakan garda terdepan dalam melayani kesehatan ibu dan anak. Dari sinilah, berawal pembangunan sumber daya manusia (SDM), yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa. Oleh sebab itu, keberadaan dan kiprahnya di tengah masyarakat tidak hanya merupakan tanggung jawab pihak kesehatan semata, akan tetapi mem­butuhkan sentuhan berbagai pihak.

“Meskipun kunjungan yang dilakukan tidak berhubungan langsung dengan tugas di Komisi V, namun kami merasa perlu dan terpanggil untuk menyaksikan secara langsung kegiatan yang dilaksana­kan di posyandu, sekaligus melihat dan memantau langsung perkembangan anak-anak dan ibu hamil yang berkunjung ke posyandu,” kata Ade.  Diakuinya, dari posyandu inilah berawalnya upaya untuk menciptakan anak-anak bangsa yang berkualitas secara fisik dan mental. Karena ibu-ibu hamil ini, nantinya akan melahirkan anak-anak yang sehat, pintar dan berakhlak, serta mampu menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang mandiri.

 Untuk itu, kata Ade, perhatian lebih perlu diberikan semenjak anak dalam kandungan dengan mencukupkan nutrisi yang dibutuhkan. Semua informasi dan petunjuk untuk itu, bisa didapatkan masyarakat secara lebih awal dan mudah di setiap posyandu. Apalagi saat ini pemerintah daerah menjadikan pembangunan kesehatan masyarakat ini sebagai prioritas utama. Sudah selayaknya, segala sarana dan prasarana yang ada di setiap posyandu dilengkapi, agar posyandu bisa dioperasionalkan secara maksimal.

“Kita ingin menjadikan posyandu ini bukan hanya sebagai tempat pelayanan kesehatan saja, akan tetapi juga merupakan wadah bagi masyarakat untuk berdiskusi dalam rangka mengantisipasi pengaruh-pengaruh negatif di tengah-tengah masyarakat, di samping menguatkan rasa persaudaraan di tengah masyarakat kita,” ungkapnya.

Dalam kunjungan yang dilakukan, Ade Riski selain menyerahkan bantuan makanan tambahan untuk ibu hamil dan makanan pendamping ASI bagi bayi dan anak sampai umur 2 tahun,  ia juga menghimpun berbagai masukan dan aspirasi serta kendala yang ada di posyandu dari para ibu-ibu kader sebagai pengelola. (h/tot)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]