Wawako Imbau Warga Kibarkan Bendera


Kamis, 11 Agustus 2016 - 03:45:45 WIB
Wawako Imbau Warga Kibarkan Bendera Wakil Walikota Bukittinggi, H Irwandi.

BUKITTINGGI, HALUAN — Masyarakat Bukittinggi diimbau, agar dapat mengi­barkan bendera merah putih pada momen­tum HUT ke-71 Kemerdekaan RI. Bendera merah putih, dikibarkan dua hari sebelum dan sesudah detik-detik Proklamasi 17 Agustus.

“Dari awal, kita imbau jangan sampai ada rumah milik warga nantinya yang tidak pakai bendera pada HUT kemerdekaan tahun ini,” tergas Wakil Walikota, H Irwandi dalam keterangan di Balaikota, Rabu (10/8).

Menurutnya, pemerintah daerah telah menyampaikan informasi tentang seruan pengibaran bendera merah putih itu, melalui mobil unit penerangan Bagian Humas Setda Bukittinggi. Siaran keliling tersebut dilak­sana­kan pada seluruh wilayah di 24 kelura­han, pada tiga kecamatan yang ada di Kota Bukittinggi.

Menaikkan bendera merah putih, kata Irwandi, merupakan sebagai wujud per­hatian dan tanggungjawab sebagai warga negara terhadap bangsa dan negara, yang tahun ini berulang tahun ke-71. Mengi­barkan bendera, sekaligus sebagai tang­gungjawab dalam menghormati dan meng­hargaai jasa para pahlawan yang telah berjuang merebutkan dan mempertahankan republik tercinta dari cengkeraman penjajah.

“Pengibaran bendera di kediaman, rumah dan kantor masing-masing, juga merupakan upaya kita dalam mengisi perjuangan di era kemerdekaan ini,” jelas Irwandi.

Peringatan ulang tahun Republik Indo­nesia yang dirayakan setiap tahun, hendak­nya jangan pula sekedar seremoni belaka. Yang terpenting, menurut Irwandi, bagai­mana memaknai nilai-nilai kejuangan dan kemerdekaan itu dengan melaksanakan pembangunan di segala bidang, sesuai tugas dan peran masing-masing.

Nilai-nilai kejuangan dan patriotisme itu, dijadikan kekuatan dalam perjuangan melalui kancah pembangunan di era seka­rang. Untuk itu, ia mewanti-wanti warga untuk dapat mengibarkan bendera. Karena dengan menaikkan bendera, nantinya berarti sudah mewujudkan apresiasi dan semangat kejuangan demi bangsa dan negara.

Selain itu, lanjutnya, warga juga diimbau memasang marawa, umbul-umbul dan membuat gapura demi kemeriahan HUT RI. Silahkan warga di level RT, RW melalui koordinasi kelurahan, untuk berkreasi membuat gapura dengan mengedepankan semangat kebersamaan. Demikian pula berbagai kegiatan yang bisa untuk dalam bentuk perlombaan. “Kita juga minta camat dan lurah untuk terus memantaunya dan tanggungjawab warga dalam mengibarkan merah putih, serta penyelenggaraan ber­bagai kegiatan lainnya yang bersifat men­dukung,” terang­nya. (h/tot)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]