10 Pasang Calon Uda dan Uni Pasbar Dikarantina


Kamis, 11 Agustus 2016 - 03:49:14 WIB

PASBAR, HALUAN — Sebanyak 10 pasa­ngan calon Uda-Uni Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sudah dikarantina di hotel Malique. Pada tanggal 13 Agustus 2017 besok, pemilihan Uda-Uni duta wisata Pasbar tersebut akan memasuki babak grand final dan akan digelar di Halaman Kantor Bupati Pasbar.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasbar, Abdi Surya melalui Sekretarisnya Armen, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pasbar kembali menggelar iven tahunan pemilihan uda-uni duta wisata Pasbar tahun 2016. Pemilihan Uda-Uni Duta Wisata Pasbar  tahun 2016 ini akan dimulai pada tanggal 11-13 Agustus.

“Sekarang sudah kita karantinakan 10 pasangan calon uda-uni duta wisata Pasbar,” papar Armen.

Ia menambahkan, pemilihan uda-uni Duta Wisata ini merupakan agenda tahu­nan Disbudpar Pasbar yang bertuju­an untuk memperkenalkan wilayah ,adat istiadat serta potensi budaya yang ada di Pasbar.

“Ajang pemilihan Uda Uni itu untuk mencari sepasang putra putri terbaik yang memiliki sejumlah keunggulan, tidak saja sekedar unsur beauty, tapi juga brain dan behavior. Karena yang terpilih nanti akan menjadi duta Pasbar untuk mem­perke­nalkan daerahnya kepada khalayak luar,” tutur Armen.

Selain itu, kata Armen, pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata ini Pasbar ini  me­rupakan salah satu upaya untuk memacu sendi-sendi budaya Minangkabau serta membentuk semangat generasi muda yang tidak terlepas dari Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Pemilihan yang kita gelar itu tidak sama dengan pemilihan event-event lainya, salah satu contohnya pemilihan ratu ini dan itu, akan tetapi ini merupakan salah satu cerminan jati diri budaya Minangkabau,” katanya.

Semua peserta nantinya  akan diseleksi oleh tim dan dewan juri  yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Dimana peserta akan dinilai dari segi kecakapannya salah satunya Komunikatif ,Fasif dalam berbahasa asing dan memiliki jiwa ke­cintaan terhadap kepariwisataan serta seni budaya.

Adapun Syarat-Syarat unutk mengikuti ajang ini adalah pria atau wanita yang berusia tak lebih dari 24 tahun dan tak kurang dari 18 tahun saat ajang ini diselenggarakan. Selain itu bagi pria harus memiliki tinggi minimal 165 cm dan wanita 160 cm, memiliki bakat seni ataupun mengerti tentang budaya Minangkabau. Selain pemilihan Uda-Uni duta wisata Pasbar juga dilakukan berbarengan pe­milihan duta narkoba dan duta lalu lintas.

Sedangkan juri dari beberapa aspek penilaian semuanya berasal dari Kota Padang. Adapun hadiah yang disiapkan berupa tabanas, piagam dan penghargaa lainnya. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]