Ketua MPR Zulkifli Hasan: Full Day School Belum Bisa Sekarang


Kamis, 11 Agustus 2016 - 04:01:59 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan: Full Day School Belum Bisa Sekarang Ketua MPR Zulkifli Hasan.

PANGKAL PINANG, HALUAN — Gagasan Mendikbud Muhadjir Effendy tentang pene­rapanfull day school mendapat sorotan dari berbagai pihak.

Banyak pihak yang me­nilai gagasan itu belum tepat untuk dilaksanakan di Indo­nesia saat ini. Salah satu penolakan tersebut datang dari Ketua MPR Zulkifli Hasan.

“Perlu sosialisasi, persi­apan dengan matang baru pada saatnya nanti. Jadi tidak sekarang,” kata Zulkifli usai menghadiri peresmian rek­torat dan SD-STKIP Muham­madiyah Babel di Jl Ahmad Dahlan, Bangka Tengah, Babel, Rabu (10/8).

Zulkifli menjelaskan, me­tode pembelajaran sehari penuh memang sudah banyak diterapkan di negara-negara maju. Bahkan sekolah inter­nasional di Indonesia juga sudah lama menerapkannya. Namun jika diterapkan di seluruh Indonesia, me­nu­rutnya belum tepat.

“Kita kan kepulauan luas, jadi itu pemikiran menteri kita yang baru perlu diso­sialisasikan dahulu. Kita kan ada pedesaan, perkotaan, jarak tempuh jauh dan se­bagainya,” kata mantan Men­teri Kehutanan ini.

Menurutnya, full day scho­ol memang cocok dite­rapkan di sekolah tertentu yang memang menggunakan konsep pembe­lajaran penuh. Seperti sekolah-sekolah inter­nasional dan pe­santren atau boarding school. Sebab orang tua yang me­nye­kolah­kan anaknya di sek­olah terse­but memang telah sepakat dengan sistem pendidikan yang digunakan.

Saya ada buat sekolah di Lampung. Itu bukan full day lagi, tetapi siang malam. Karena boarding,” ujarnya.

Hal serupa juga dikemu­kakan oleh Gubernur Babel Rustam Effendi. Menurutnya, konsep full day school belum cocok diterapkan di Bangka Belitung.(h/dtc)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 13 Maret 2020 - 11:09:40 WIB

    Waduh! Ketua KPK Firli Bahuri Didesak Mundur

    Waduh! Ketua KPK Firli Bahuri Didesak Mundur JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mundur. Firli dinilai gagal membangun komitmen pemberantasan korupsi usai tak mampu menangkap buron a.
  • Sabtu, 07 Maret 2020 - 17:08:23 WIB

    Sandiaga Akui Diusung Jadi Ketua Umum Partai Gerindra

    Sandiaga Akui Diusung Jadi Ketua Umum Partai Gerindra JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Sandiaga Uno mengakui ada dorongan dari sejumlah DPC agar dirinya maju menjadi Calon Ketua Umum Gerindra. Tapi keputusan tersebut dikembalikan pada Prabowo..
  • Selasa, 21 Januari 2020 - 19:50:19 WIB

    Mantan Komisioner KPK Sindir Ketua KPK Firli Bahuri

    Mantan Komisioner KPK Sindir Ketua KPK Firli Bahuri JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto menyindir gelagat Ketua KPK Firli Bahuri yang menjadi koki saat bertemu dengan Dewan Pengawas. BW mengatakan seharusnya Firli.
  • Kamis, 16 Januari 2020 - 10:23:19 WIB

    KPK Panggil Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ada Apa?

    KPK Panggil Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ada Apa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Penyidik KPK memanggil Wakil Ketua MPR Zulklifi Hasan sebagai saksi kasus dugaan suap pengajuan revisi alih fungsi hutan di Riau yang menjerat eks Gubernur Riau Annas Maamun. Politikus PAN itu dipa.
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 10:45:19 WIB

    Putra Mahkota UEA Jadi Ketua Pengarah Pembangunan Ibu Kota

    Putra Mahkota UEA Jadi Ketua Pengarah Pembangunan Ibu Kota JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator bidang  Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Putra Mahkota UEA Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) telah menyatakan bersedia menjadi Ketua Dewan Pengarah pe.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM