Ketua MPR Zulkifli Hasan: Full Day School Belum Bisa Sekarang


Kamis, 11 Agustus 2016 - 04:01:59 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan: Full Day School Belum Bisa Sekarang Ketua MPR Zulkifli Hasan.

PANGKAL PINANG, HALUAN — Gagasan Mendikbud Muhadjir Effendy tentang pene­rapanfull day school mendapat sorotan dari berbagai pihak.

Banyak pihak yang me­nilai gagasan itu belum tepat untuk dilaksanakan di Indo­nesia saat ini. Salah satu penolakan tersebut datang dari Ketua MPR Zulkifli Hasan.

“Perlu sosialisasi, persi­apan dengan matang baru pada saatnya nanti. Jadi tidak sekarang,” kata Zulkifli usai menghadiri peresmian rek­torat dan SD-STKIP Muham­madiyah Babel di Jl Ahmad Dahlan, Bangka Tengah, Babel, Rabu (10/8).

Zulkifli menjelaskan, me­tode pembelajaran sehari penuh memang sudah banyak diterapkan di negara-negara maju. Bahkan sekolah inter­nasional di Indonesia juga sudah lama menerapkannya. Namun jika diterapkan di seluruh Indonesia, me­nu­rutnya belum tepat.

“Kita kan kepulauan luas, jadi itu pemikiran menteri kita yang baru perlu diso­sialisasikan dahulu. Kita kan ada pedesaan, perkotaan, jarak tempuh jauh dan se­bagainya,” kata mantan Men­teri Kehutanan ini.

Menurutnya, full day scho­ol memang cocok dite­rapkan di sekolah tertentu yang memang menggunakan konsep pembe­lajaran penuh. Seperti sekolah-sekolah inter­nasional dan pe­santren atau boarding school. Sebab orang tua yang me­nye­kolah­kan anaknya di sek­olah terse­but memang telah sepakat dengan sistem pendidikan yang digunakan.

Saya ada buat sekolah di Lampung. Itu bukan full day lagi, tetapi siang malam. Karena boarding,” ujarnya.

Hal serupa juga dikemu­kakan oleh Gubernur Babel Rustam Effendi. Menurutnya, konsep full day school belum cocok diterapkan di Bangka Belitung.(h/dtc)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]