PILWAKO PAYAKUMBUH

Pendamping Petahana Masih Digodok


Kamis, 11 Agustus 2016 - 04:02:57 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Proses pen­daftaran bagi calon pasangan Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh melalui du­kungan partai, yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh akan dibuka pad 21 September nanti, tapi sampai detik ini, belum jelas siapa saja pasangan calon yang akan diusung partai politik.

Termasuk soal teka-teki calon pendamping sang P­e­tahana Riza Falepi. KPU Kota Payakumbuh me­nim­bang-nimbang, pada Pilkada nanti, bakal ada setidaknya empat pasangan calon (pas­lin) yang diusung partai politik. Siapa yang akan berpasangan dengan siapa, masih belum jelas. Namun komunikasi-komunikasi poli­tik semakin gencar di­la­kukan.

Komunikasi politik yang tengah gencar berjalan ter­masuk komunikasi  sesama ba­kal calon untuk ber­pa­sangan, serta komunikasi antar partai politik dalam membetuk koalisi menuju Pilkada. Ketua KPU Kota Pa­yakumbuh Hetta Mam­bayu mengatakan, proses pen­daftaran pasangan calon akan dimulai pada 21 September mendatang atau sekitar 1 setengah bulan lagi.

Perihal majunya kembali Walikota Payakumbuh saat ini, Riza Falepi, diperkirakan menjadi pesaing berat bagi balon yang menjadi lawannya lanti. Namun hingga saat ini belum ditentukan siapa bakal calon wakil walikota yang akan diusung untuk men­dampingi sang petahana.

“Pasangan untuk in­cum­bent (petahana) masih dalam proses. Jadi dengan siapa Riza Falepi ber­pa­sangan masih menunggu dan sedang digodok partai,” te­rang Po­litisi Partai Keadilan Se­jahtera (PKS) yang saat ini menjadi anggota DPR RI, Refrizal.

Ia menjelaskan, PKS ber­harap pasangan bagi pe­tahana nantinya adalah figur yang mampu mendukung program-pro­gram yang di­susun oleh sang petahana untuk Kota Payakumbuh yang lebih baik. “Ini yang masih digodok partai, kita tunggu saja lah,”ucapnya lagi.

Refrizal berharap, hen­daknya Kepala Daerah Kota Payakumbuh mendatang adalah putra asli daerah Kota Payakumbuh. “Kalau ada putra asli Payakumbuh, ke­napa tidak itu saja untuk memimpin kota ini,” ucapnya lagi. (h/ddg)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Desember 2019 - 19:13:10 WIB

    Gerindra DKI Beri Sinyal Sosok Calon 'Pendamping' Anies

    Gerindra DKI Beri Sinyal Sosok Calon 'Pendamping' Anies JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Partai Gerindra DKI Jakarta memberi sinyal Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria bakal menjadi calon wakil gubernur DKI yang diusung dari partai berlambang garuda itu. Sebelumnya, ada empat nama yan.
  • Rabu, 12 Juli 2017 - 11:10:06 WIB

    Soal Pendamping Mahyeldi, Gerindra Harus Berhitung Cermat

    Soal Pendamping Mahyeldi, Gerindra Harus Berhitung Cermat PADANG, HALUAN – Pengamat politik UNP, Dr Eka Vidya Putra menilai koalisi PKS-Gerindra dalam menghadapi Pilkada Padang tak bisa terbendung menyusul sukses koalisi ini di Pilkada Sumbar dan DKI. Koalisi yang nyaris permanen .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]