KPU Siapkan Draf PKPU Pekan Ini


Kamis, 11 Agustus 2016 - 04:03:44 WIB
KPU Siapkan Draf PKPU Pekan Ini PRESIDEN Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Mendagri Tjahjo Kumolo (ketiga kanan), Mensesneg Pratikno (kanan) berdiskusi dengan Ketua KPU Juri Ardiantoro (keempat kiri) serta Komisioner dan Sekjen KPU saat pertemuan membahas Pilkada serentak 2017 dan Pemilu 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/8). (ANTARA)

JAKARTA, HALUAN —  Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelesaikan draf Peraturan KPU (PKPU) menyambut Pilkada serentak 2017 dalam pekan ini. Ketua KPU Juri Ardiantoro me­ngatakan, jajarannya akan mempersiapkan keseluruhan peraturan, termasuk pera­turan kampanye.

“Saat ini lima PKPU sudah siap dipresentasikan kepada DPR dan pemerintah. Namun itu belum termasuk peraturan kampanye. Seperti petahana kan diatur dalam peraturan kampanye. Paling lambat minggu ini dan kami menunggu respons pe­me­rintah dan DPR mem­bahas peraturan itu,” kata Juri di Kantor Presiden, Selasa (9/8), sebagaimana dilansir dari CNN.

Mengenai aturan wajib cuti bagi calon petahana, Juri mengungkapkan, hal itu akan dijelaskan setelah peraturan kampanye, teruta­ma terhadap petaha­na, telah disetujui pemerintah dan anggota de­wan.

Aturan wajib cuti menjadi polemik setelah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan sikap menolak aturan tersebut. Aturan itu dimuat dalam Pasal 70 dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Pasal tersebut menye­butkan, Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, yang men­calonkan kembali pada dae­rah yang sama, selama masa kampanye harus men­jalani cuti di luar tang­gungan ne­gara. Selain itu, juga di­larang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya.

“Sekarang kan ada Un­dang-undang Pilkada baru, konsekuensi pengaturan itu yang sedang kami susun. Pak Men­dagri berulang kali me­nyampaikan tafsir ketentuan mengenai kampanye bagi petahana,” tuturnya.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai wajar apabila petahana tidak mau cu­ti kampanye dan kon­sentrasi mengelola pe­me­rintahan. Namun, Tjahjo menyerahkan penafsiran me­ngenai aturan kampanye petahana kepada KPU selaku penyelenggara.

“Bagaimana kalau selama kampanye dia tidak kam­panye tapi meresmikan dan mempersiapkan proyek pem­bangunan? Apakah itu tidak masuk kategori kampanye? Itu saja saya kira,” ujar Tjah­jo.

Dia mengatakan pi­hak­nya yakin KPU akan men­jelaskan secara detail aturan kampanye terutama terha­dap petahana. Setiap kepu­tusan KPU, sam­bung­nya, diyakini tidak menyimpang dari un­dang-undang. “Saya yakin tapi saya juga mencermati dinamika yang ada,” kata dia. (h/cnn)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]