Bamus Diminta Sejalan Dengan Wali Nagari


Kamis, 11 Agustus 2016 - 04:20:46 WIB
Bamus Diminta Sejalan Dengan Wali Nagari Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan didampingi Kabag Pemnag Herman Azmar, saat menjadi pemateri dalam kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) puluhan anggota perwakilan Badan Musyawarah (Bamus) Nagari, di Hall Sago Bungsu II, Nagari Lubuakbatingkok, Harau, Rabu (10/8). (ZULKIFLI)

LIMAPULUH KOTA, HA­­LUAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lima­puluh Kota terus mendorong peran dan fungsi lembaga musyawarah di tingkat naga­ri. Badan Musyawarah (Ba­mus) Nagari diminta terus bekerjasama dengan wali nagari untuk merumuskan setiap program-program pem­­bangunan, guna men­dorong terlaksananya penye­lenggaraan pemerintahan hingga ke tingkat terendah.

Hal ini disampaikan Wa­kil Bupati (Wabup) Lima­pu­luh Kota, Ferizal Ridwan, ke­tika menjadi pemateri Bim­bingan Tekhnis (Bim­tek) ter­hadap puluhan ang­gota Ba­mus, di Hall Sago Bungsu II, Nagari Lu­buak­batingkok, Ha­rau, Rabu (10/8) siang. Ia meng­harapkan, Bamus ha­rus­­nya menjadi mitra kerja Wa­­li Nagari, bukan sebalik­nya. 

Dikatakannya, sesuai amanat Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa serta UU No­mor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Pemda) Bamus merupakan penye­lenggara pemerintah di ting­kat nagari. Oleh karena itu, Bamus memiliki andil besar terhadap keberlangsungan penyelenggaraan pemerintah dan proses pembangunan di tingkat nagari. 

Dia juga berharap, Bamus dan pemerintah nagari dapat saling berkomunikasi, ber­kordinasi, serta seayun-se­langkah menjalankan kinerja disamping sama-sama meng­hilangkan sikap ego sektoral.

“Untuk menghilangkan si­­kap ego sektoral, kami se­nga­ja membuat program, Ha­rau Menuju Dunia. Jadi, Ha­rau bisa mendunia,” kata Wa­bup.

Saat ini dari berbagai laporan ia rangkum dan ber­dasarkan laporan masyarakat serta analisa bagian peme­rintah nagari, persoalan men­dasar yang banyak terjadi di nagari adalah tidak har­mo­nisnya hubungan antara Ba­mus dengan wali nagari. Bahkan dari 79 nagari hampir 65 persen Bamus berse­be­rangan dengan wali nagari. 

Disamping menge­mu­ka­-kan berbagai dinamika yang ke­rap terjadi di tingkat nagari, Wa­bup juga menjelaskan se­cara rinci apa saja yang men­jadi tugas pokok dan fungsi Bamus di tingkat naga­ri. Sebagai penyelenggara peme­rin­tah Bamus memiliki fungsi pe­ngawasan serta me­mi­­liki kewenangan menen­tu­kan arah pembangunan, pe­ratu­ran, dan anggaran di nagari. 

Sesuai Tupoksinya  ke depan Bamus setiap tahun jangan cuma menghasilkan dua Peraturan Nagari (Per­nag) saja, yakni Pernag pe­nyu­sunan anggaran serta Pernag laporan per­tang­gung­jawaban anggaran na­gari. “Buatlah regulasi nagari yang sesuai dengan kebu­tuhan masyarakat. Mari kita awasi seluruh tata kelola dan kebi­jakan di tingkat nagari,” sebut Ferizal. 

Disamping itu, Bamus dapat menyuarakan segala kepentingan dan kebutuhan masyarakat disamping men­dorong Pernag dapat menge­lola segala potensi nagari. Seluruh penyelenggara peme­rintahan di nagari bisa men­dorong proses pembangunan dari tingkat jorong, sesuai visi-misi kepala daerah Lima­puluh Kota. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Januari 2020 - 18:26:10 WIB

    KAN,BAMUS, Wali Nagari Matua Mudiak Sepakati Kecamatan Matua Masuk DOB Agam

    KAN,BAMUS, Wali Nagari Matua Mudiak Sepakati Kecamatan Matua Masuk DOB Agam AGAM,HARIANHALUAN.COM-Kerapan Adat Nagari, Wali Nagari, Badan Musyawarah Nagari  Kecamatan Matua, Agam, sepakat mendukung  penuh pembentukan dan masuk dalam wilayah  Daerah Otonomi  Baru (DOB)  Agam Timur yang berpusat d.
  • Kamis, 31 Maret 2016 - 14:40:12 WIB

    Bupati Dharmasraya Lantik Bamus Se Sungai Rumbai

    DHARMASRAYA, HA­LU­AN — Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan me­lantik Badan Musyawarah (Ba­mus) Nagari se Kecamatan Sungai Rumbai priode 2016-2022, bertempat di Gedung Pertemuan Umum Sungai Ru­m­bai, Sel.
  • Rabu, 02 Maret 2016 - 03:27:39 WIB

    Bamus DPRD Pasbar Siapkan Agenda Sebulan

    PASBAR, HALUAN — Seiring telah masuknya bulan Maret 2016, dan berada dalam akhir triwulan pertama 2016. Maka jajaran Badan Musyawarah (Bamus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pa­saman Barat, menyusun ren­cana kegiat.
  • Selasa, 22 September 2015 - 19:32:49 WIB

    Bamus SDM Lantik Satker Pembersih Danau

    Agam, Haluan — Bamus Salingka Danau Maninjau (SDM) Jakarta membentuk dan melantik satuan kerja (Satker) untuk membersihkan Danau Maninjau di Aula SMAN Agam Cendekia Minggu(20/9).

    Pada acara pelantikan Satker itu .


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]