JANUARI HINGGA JUNI 2016

Sudah 653 Penderita DBD


Kamis, 11 Agustus 2016 - 04:24:35 WIB
Sudah 653 Penderita DBD Ilustrasi.

PADANG, HALUAN— Sejak Januari hingga Juni 2016, jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) tercatat 653 penderita. Delapan orang diantaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, dr. Feri Mulyani pada Haluan, Rabu (10/8) mengatakan bahwa DKK terus berupaya mengurangi penderita penyakit ini.

Ia mengatakan, salah satu penyebab dari penyakit ini adalah kondisi cuaca yang tidak stabil pada saat ini. Hingga mempermudah wabah penyakit menyebar melalui genangan air.

Disamping itu, pihaknya berupaya memberikan per­hatian maksimal agar jumlah penderita DBD tidak semakin bertambah.

“Apalagi akan memasuki bulan-bulan yang rawan mu­sim penghujan. Ke­mung­kinan jum­lah pasien DBD akan bertam­bah pada bulan Sep­tember, Oktober, No­vember, dan De­sember,” terangnya.

Kabid Pengendalian Ma­salah Kesehatan (PMK) dr. Gentina menjelaskan bahwa untuk mengantisipasi jumlah penderita pada bulan selan­jutnya, akan dilakukan penga­sapan.

“Setidaknya dengan dia­dakannya penyemprotan un­tuk membasmi sarang nya­muk, bisa mengurangi pen­derita DBD,” kata Gen­tina.

Ia menerangkan bahwa Agustus merupakan bulan yang efektif untuk fogging atau pengasapan karena merupakan masa peralihan cuaca  ke mu­sim penghujan bulan se­lan­jutnya.

“Saya berharap agar se­mua pihak, terutama Ibu Rumah Tangga  (IRT) untuk ikut andil membersihkan kondisi di da­lam rumah,” Katanya.

Selain itu, pihaknya meng­imbau agar masyarakat mem­perhatikan kebersihan ling­kungan sekitar dengan tidak membiarkan genangan air dan tumpukan limbah di sekitar rumah yang akan membuat sarang nyamuk.

“Selain itu, salah satu so­lusi lain yang bisa ditawarkan ada­lah dengan menggunakan sem­protan atau obat nyamuk. Na­mun, gunakanlah seprotan yang berbeda merk agar nya­muk tidak kebal terhadap  bau dari semprotan,” terangnya lagi.

Sebagai perbandingan, pa­da tahun 2014 jumlah pen­derita DBD  berdasarkan data DKK Padang sebanyak 666 orang, dan enam diantaranya meninggal dunia.

Sedangkan pada tahun 20­15, jumlah penderita DBD sebanyak 1.126 orang dan yang meninggal dunia bertambah dua orang dari tahun se­be­lumnya yakni delapan orang. (h/mg-eby)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]