KECUALI MENTAWAI

Sumbar Endemik Rabies


Kamis, 11 Agustus 2016 - 04:27:37 WIB

PADANG, HALUAN — Sumbar daerah endemik rabies. Dari Januari hingga Juli 2016 sebanyak 49 kasus positif rabies terjadi merata di 18 kabupaten/kota, kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kabid Bina Keswan dan Kesmavet, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dis­nakeswan) Provinsi Sumbar, M Kamil mengatakan, kare­na wilayah endemik, daerah ini belum sepenuhnya terbe­bas dari rabies.

Hanya saja jumlahnya bisa diperkecil melalui cara masyarakat memiliki kesa­daran untuk ikut mencegah penyebaran virus.

Disebut M Kamil, pen­cegahan rabies mesti dilaku­kan. Terutama oleh mereka yang memiliki hewan peliha­raan seperti anjing, kucing dan musang.

“Gigitan ketiga hewan tersebut bisa memicu me­nye­barnya virus rabies. Kare­nanya bagi masyarakat yang memelihara ketiga jenis he­wan tadi kami imbau agar menjaga kebersihan tubuh dan makanan mereka,” tutur M Kamil kepada Haluan, Rabu (10/8) di Padang.

Ia menambahkan, peran masyarakat mencegah pe­nye­­ba­ran rabies bisa dibuk­tikan me­lalui perbandingan kasus yang terjadi pada se­tiap ta­hun. 

Sebagai contoh, sebut­nya, dari Januari hingga Juli tahun 2015 Disnakeswan mencatat sebanyak 69 kasus gigitan hewan terdata seba­gai positif rabies.

Sementara hingga perio­de Juli 2016 lalu Diska­neswan mencatat hanya 49 kasus rabies yang dite­mu­kan. Jumlah ini berkurang sekitar 30 persen dibanding tahun lalu.

“Menurunnya angka ka­sus tak terlepas dari kesa­daran masyarakat serta so­sialisasi yang terus kami tingkatkan dari tahun ke tahun,” ujar M Kamil.

Berkaitan dengan Kabu­paten Kepulauan Mentawai yang hingga hari ini masih bebas rabies. Ia mengatakan hal ini telah terjadi selama bertahun-tahun.

Ditegaskan M Kamil ju­ga, untuk mempertahankan Men­tawai terus bebas rabies, pi­haknya bersama pihak ter­kait lain terus mem­per­ketat masuknya anjing dan hewan peliharaan asal da­erah lain ke Mentawai. (h/len)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]