KULIAH UMUM STIH-STISIP PADANG

Perguruan Tinggi Fondasi Pembentukan Karakter


Kamis, 11 Agustus 2016 - 04:31:10 WIB
Perguruan Tinggi Fondasi  Pembentukan Karakter KANDIDAT Doktor asal STIH-STISIP Padang , Dr (candidat) berfoto bersama usai penyampaian kuliah umum.

PADANG, HALUAN — Dalam rangka meningkatkan pemahaman serta ilmu pengetahuan di bidang hukum terhadap generasi muda terutama di kalangan mahasiswa untuk bisa diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat dan ling­kungan kerja. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) – Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Padang di bawah naungan Yaya­san Pendidikan dan Kesejah­teraan Masyarakat In­donesia (YPKMI) Padang, sukses menga­dakan kuliah umum de­ngan nara­sumber DR (Candidat) Basri, SH, M. Hum. Basri sendiri merupakan alumni  angkatan II atau alumni 1993 STIH Padang. Sekarang berkiprah sebagai De­kan Fakultas Hukum Universitas Muham­ma­diyah Magelang.

Selain kuliah umum tersebut, sekaligus peluncuran buku-buku karya dosen muda berbakat STIH Padang Laurensius Arliman, SH, SE, M.Kn dan launching lagu Mars Forum IKRAR STIH-STISIP Padang. Kemudian dilanjutkan dengan penanda tanganan nota kesepa­haman (MoU) antara STIH-STISIP Padang dengan Universitas Muham­madiyah Magelang, Rabu 10/8 di Aula Kampus STIH-STISIP Padang Jalan AR. Hakim No. 6 Padang.

Dalam sambutanya, Ketua YPKMI Davip Maldian, S. Sos mengatakan, kualitas seseorang di­tentukan oleh kemampuan diri­n­ya. Kuliah hanya sebagai modal awal untuk pijakan masa depan, kompetisi berdasarkan kemam­puan mahasiswa, bukan dari mana asal perguruan tinggi­nya. Se­hingga para mahasiswa di tuntut untuk lebih kreatif, ino­vatif dan unggul dalam segala bidang.

“ Tidak cukup menimba ilmu di kampus namun juga dari lapa­ngan kerja serta masyarakat. Karena semakin tinggi ilmu atau pendidikan seseorang maka sema­kin besar peluang yang diperoleh untuk kemajuan masadepanya. Tuntutlah ilmu untuk meraih prestasi, sehingga melahirkan mahasiswa yang berkepribadian, maju dan berkarakter”, Pungkas Davip Maldian.

Ditambahkan Ketua STIH Padang, Erri Gusman, SH, MH mengatakan, jadilah mahasiswa yang inafatif, kreatif, berda­ya saing tinggi, berkarakter dan unggul dalam segala hal. Karena orang yang sukses itu, orang yang memiliki mimpi besar dan sang­gup membayar harganya. Ditam­bahnya, mahasiswa di tuntut lebih kreatif . tidak hanya kuliah, kampong dan kos-an. Tahun aka­demik 2016/2017 di STIH ada sistem baru dengan sistem online. Mahasiswa diminta persiapkan untuk diri. Sukses akademik berkaitan prestasi belajar baik, wawasan ilmu luas, kemampuan memecahkan masalah, kemam­puan mengambil keputusan baik atau tepat. Selian tiu, memiliki kepribadian yang beriman dan bertaqwa, respek terhadap suatu persolan, bisa menerima diri secara objektif, selalu berupaya mengembangkan diri dan memi­liki pemikiran yang optimis.

 “Tentunya dengan kiprah Bapak DR (candidat) Basri, SH, M. Hum di Magelanag, dapat meng­harumkan nama STIH Padang. Bisa menambah semangat, moti­fasi dikalangan mahasiswa STIH-STISIP padang sendiri. Sehingga kedepan, STIH bisa melahirkan pakar hukum yang handal dan dibutuhkan oleh masyara­kat” Pungkas Erri Gusman.

Sementara itu, dalam kuliah umum, Basri, SH, M.Hum mama­parkan, Lembaga perguruan ting­gi merupakan lembaga pem­bentuk karakter mahasiswa. Ka­rakter positif yang didapat maha­siswa di kampus bisa mem­bim­bing mereka menjadi insan yang unggul, inovatif nantinya bisa memperkuat jati diri mahasiswa menjadi insan yang kreatif, ber­integritas, jujur dan berkarakter. Sehingga, setelah tamat dari kampus STIH-STISIP Padang, para mahasiswa bisa mengaplikasikan ilmunya di tengah-tengah masya­rakat serta menjadi panutan oleh masyarakat. Ditambahkanya, di­sam­ping itu, dapat memper­siap­kan diri mahasiswa untuk meng­hadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sehingga maha­siswa mampu berkompetisi dipa­sar Asean, memiliki kemaauan untuk mengembangkan diri.  Ujarnya.

“Karakter positif itu sendiri sudah ada dan melekat pada masing-masing jati diri maha­siswa. Proses pendidikan yang dijalani hanya memperkuatnya agar lebih menonjol. Sehingga mampu mengantarkan mereka menjadi insan yang sukses dan berkontribusi pada mas­yarakat”Imbuhnya.

Ditambahkannya, era globa­lisasi ditandai dengan semakin terbukanya akses. Dibutuhkan manusia unggul dan berkarakter untuk bertahan dan meme­nang­kan persaingan hidup.Oleh sebab itu, mahasiswa sekarang harus mempersiapkan diri menjadi mahasiswa dan unggul. Selain itu,  berkarakter tersebut artinya mam­pu menyesuaikan diri dan hidup dalam kondisi apapun dan dimana saja pun. (h/rie)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 31 Agustus 2016 - 04:13:35 WIB

    Akademi Teknik Gigi Nasional, Perguruan Tinggi Pertama Miliki Jurusan Teknik Gigi

    Akademi Teknik Gigi Nasional, Perguruan Tinggi Pertama Miliki Jurusan Teknik Gigi PADANG HALUAN —Aka­demi Teknik Gigi Nasional yang terletak di Jalan Gajah Mada nomor 10 Padang saat ini me­ne­rima mahasiswa baru. Pene­ri­ma­an dimulai dari bulan Agustus hingga akhir September..
  • Jumat, 26 Agustus 2016 - 04:17:12 WIB
    PENCANANGAN SUMBAR KOMPETEN

    Lulusan Perguruan Tinggi Harus Bersertifikat

    PADANG, HALUAN— Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menekankan pentingnya sertifikat kompetensi bagi lulusan perguruan tinggi. Ketua Komisi Sertifikasi BNSP Ir Drs Asrital Tatang mengharapkan Sumatera Barat memiliki l.
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 12:48:47 WIB

    Perguruan Adabiah Peringati 101 Tahun Berdiri

    Perguruan Adabiah Peringati 101 Tahun Berdiri PADANG, HALUAN — Pawai lintas sejarah merupakan salah salah satu cara yang dilakukan perguruan Adabiah untuk mem­peringati 101 tahun berdirinya per­guruan Adabiah Padang..
  • Rabu, 02 Maret 2016 - 03:32:22 WIB

    14 Perguruan Tinggi Islam Terakreditasi C

    PADANG, HALUAN — Sebanyak 20 per­guruan tinggi Islam di bawah nauangan Koordiantor Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) Wilayah VI yang meliputi Provinsi Sumatera Barat membutuhkan perhatian serius dari pemerintah dan .
  • Selasa, 09 Februari 2016 - 10:07:17 WIB

    KI Targetkan Perguruan Tinggi Islam Sumbar Juara

    PADANG, HALUAN — Ke­tua Komisi Informasi (KI) Sumbar Syamsurizal, me­nar­getkan IAIN Imam Bon­jol Padang meraih pe­ring­kat terbaik dalam kategori perguruan tinggi negeri dan swasta untuk pe­me­ri­ng­katan nasiona.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]