Bupati Canangkan Bhakti TNI KB Kes


Kamis, 11 Agustus 2016 - 12:48:19 WIB

LIMAPULUH KOTA, HA­LUAN — Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, mene­gaskan pertumbuhan jumlah penduduk yang semakin me­ningkat dinilai ikut mem­pe­ngaruhi pertumbuhan ekono­mi. Karenanya pertumbuhan penduduk tersebut perlu dikendalikan melalui bakti sosial TNI KB-Kesehatan.

“Kita percaya Bhakti TNI ini akan memberikan dampak nyata bagi masyarakat ter­masuk bidang ekonomi,” ungkap Irfendi dalam sambu­tannya ketika mencanangkan bulan Bhakti TNI KB Kes wilayah Kabupaten Lima­puluh Kota dan Kota Paya­kumbuh tahun 2016 di hala­man Puskesmas Dangung-Dangung Rabu (10/8) siang.

Begitu pula terhadap para ka­der, lanjut Irfendi, hen­dak­nya senantiasa melan­jutkan kegiatan di bidang KB ini pada masa berikutnya. Ja­ngan sampai kegiatan ha­nya ber­langsung disaat ada ke­gia­tan Bhakti TNI KB Kes saja.

“Walaupun masa bhakti TNI sudah habis namun kita berharap pihak terkait ter­masuk para kader tetap bisa bersinergi dengan TNI me­ngendalikan pertumbuhan jumlah penduduk dan pe­ningkatan kesejahteraan ma­syarakat,” katanya.

Pihak terkait Badan Per­bedayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP­KB) lanjut Irfendi, jangan pula hanya menunggu bulan bhakti saja. Melainkan, harus bisa membuat program buat pengaturan pertumbuhan jumlah penduduk tersebut dengan indikator pencapaian yang jelas.

”Ke depan apapun yang akan dilakukan harus dida­hului dengan perencanaan yang matang agar bisa mem­berikan hasil yang maksimal bagi kemajuan masyarakat terutama buat meningkatkan program KB. BPPKB juga harus membuat program yang terencana dan teru­kur,” jelasnya.

Lebih lanjut Irfendi me­nga­takan dengan keterlibatan TNI dalam program KB di daerah ini akan berhasil sesuai harapan. Fakta mem­buktikan, berbagai kegiatan TNI di Kabupaten Limapuluh Kota cukup berhasil, terma­suk dalam program cetak sa­wah baru beberapa waktu lalu

Sebelumnya Dandim 03­06/­50 Kota Letkol Inf. Heri Su­mitro, dalam pe­nyam­paiannya mengatakan, pro­gram ini merupakan wujud nyata TNI di tengah ma­syarakat. Kegiatan ini me­rupakan program tahunan yang sudah dilaksanakan sejak beberapa tahun lalu.

“Alhamdulillah kita ter­masuk standar dalam artian memenuhi target berkat ker­ja­sama berbagai pihak. Kita berharap kegiatan ini bisa mencapai tujuan kesejah­teraan masyarakat dan mem­perbaiki kualitas keluarga di daerah ini,”ujar Heri.

Panitia acara Kapten Inf Muhardif yang juga Pasiter­dim 0306/50Kota dalam laporannya memaparkan sa­sa­ran yang ingin dicapai antara lain menurunkan laju pertumbuhan penduduk dan angka kelahiran total wanita usia subur (WUS).  Beri­kutnya, meningkatkan pema­kaian kontrasepsi, menu­runkan angka kehamilan yang tidak diinginkan dari WUS dan terwujudnya pem­bangunan berwawasan ke­pendudukan.

Kegiatan ini dilaksanakan dari mulai Mei sampai Okto­ber 2016 yang dipusatkan di setiap Puskesmas di Kabu­paten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh. Bentuk kegiatan antara lain pela­yanan terhadap akseptor KB baru, pembinaan kepada peserta KB aktif, peme­riksaan IVA gratis dan pem­binaan terhadap kelompok BKB, BKR, BKL dan UPP­KS. Sedangkan target pelak­sanaan Bhakti TNI KB Kes untuk IUD sebanyak 703, MOW 140, inplant 1.066, suntikan 3.994, pil 623, MOP 37 dan kondom 358. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]