KTR Masih Jauh dari Harapan


Kamis, 11 Agustus 2016 - 12:54:32 WIB
KTR Masih Jauh dari Harapan Ilustrasi.

PADANG, HALUAN — Wa­cana Pemerintah Kota Padang untuk merealisasikan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) masih jauh dari harapan.

Pasalnya, aturan yang telah tertuang dalam Perda no 24 tahun 2012 ini belum bisa berjalan. Termasuk di ling­kungan Kantor Walikota dan SKPD Pemerintah Kota Pa­dang.

Pantauan Haluan di Kantor Walikota Padang di Aie Pacah, Rabu (10/8) pemberitahuan KTR sudah diberitahukan me­lalui plang, spanduk dan stiker dibeberapa titik di kantor pusat pemerintahan Kota Padang ini.

Namun, baik tamu maupun PNS di kantor Walikota masih saja merokok di areal terlarang tersebut. Bahkan untuk men­dorong KTR, Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah juga mengeluarkan Perwako No 25 tahun 2016.

“Ya memang saya melihat ada stiker larangan merokok di sini. Tapi PNS di sini juga merokok. Makanya saya juga merokok,” kata, Edo (26) salah seorang mahasiswa yang ber­kunjung ke Kantor Walikota kepada Haluan.

Sementara itu, Kepala Di­nas Kesehatan Kota Padang, Dr. Feri Mulyani mengakui aplikasi dan sosialisasi KTR ini masih belum maksimal, bahkan bisa sangat jauh dari yang diha­rapkan.

“Walaupun sudah 4 tahun, namun pelaksanaan KTR masih sangat jauh dari yang dih­a­rapkan. Sangat banyak kendala dan kepentingan yang meng­hambat aturan ini berjalan di Kota Padang ini,” katanya

Satu sisi Dinas Kesehatan harus menekan dampak yang diakibatkan oleh rokok. se­dangkan Dinas Perdagangan harus meningkatkan penjualan demi mencapai target Pen­dapatan Asli Daerah (PAD).

Koordinator RUANDU (Ru­ang Anak Dunia) Foun­dation, Muharman menilai penerapan KTR di Kota Pa­dang perlu dipercepat.

Pasalnya, angka perokok aktif di Kota Padang sangat tinggi, yaitu mencapai 40 persen dari jumlah penduduk Kota Padang.

Angka ini diambil dari segala usia baik tua maupun yang muda. Bahkan 80 persen perokok di Kota Padang adalah berada di usia produktif. (h/mg-eby/mg-ang)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 21:56:43 WIB

    Disdukcapil Kota Padang Cetak 2.000 KTP Elektronik

    Disdukcapil Kota Padang Cetak 2.000 KTP Elektronik PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang telah melakukan pencetak sebanyak 2.000 KTP Elektronik (e-KTP). Pencetakan ini diprioritaskan kepada masyarakat yang sudah melakuka.
  • Rabu, 17 Januari 2018 - 10:43:38 WIB

    Paripurna KTR Dijadwalkan 5 Maret

    Paripurna KTR Dijadwalkan 5 Maret PADANG, HARIANHALUAN.COM---Ketua Pansus Revisi Perda KTR Helmi Moesim mendesak pimpinan DPRD Kota Padang segera menjadwalkan kembali sidang paripurna Revisi Perda KTR..
  • Kamis, 13 Juli 2017 - 10:36:52 WIB

    Blangko Sudah Tersedia, Ganti Suket dengan KTP Elektronik

    Blangko Sudah Tersedia, Ganti Suket dengan KTP Elektronik PADANG, HARIANHALUAN.COM--Warga Kota Padang yang memiliki surat keterangan (Suket) pengganti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) agar segera mengurus di kecamatan untuk penertiban KTP-el. Pencetakan kartu penduduk terseb.
  • Kamis, 23 Juni 2016 - 04:53:20 WIB

    Sumbar 10 Tahun ke Depan Butuh 500 Sarjana Teknik Elektro/Mesin

    Sumbar 10 Tahun ke Depan Butuh 500 Sarjana Teknik Elektro/Mesin PADANG, HALUAN—Pro­vinsi Sumatera Barat memiliki potensi air yang melimpah untuk dijadikan sebagai Pem­bangkit Listrik Tenaga Energi Baru Terbarukan (PLT-EBT) yang mencapai 500 MW (Me­ga Watt)..
  • Kamis, 03 Maret 2016 - 03:46:30 WIB
    Gunakan Kartu Khusus

    Juni, Pemko Terapkan Parkir Elektronik

    PADANG, HALUAN — Pemerintah Kota Padang akan menerapkan sistem elektronik parkir meter pada Juni 2016 mendatang. Saat ini sedang dalam persiapan administrasi..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]