Sampah Menumpuk di Pasar Nanggalo


Kamis, 11 Agustus 2016 - 12:55:33 WIB

PADANG, HALUAN —  Saat me­masuki Pasar Nanggalo Siteba maka akan tercium bau busuk yang menyengat hidung.

Di sudut kiri pasar terlihat tumpukan sampah yang memenuhi bak penampung sampah dan bahkan sudah ber­serakan hingga ke jalan masuk pasar.

Petugas Distribusi Dinas Pasar Nang­galo, Josriman (36) pada Haluan, Rabu (10/8) mengatakan bahwa tumpukan sampah sebagian besar bukanlah berasal dari sampah pasar, melainkan juga sampah dari warga setempat.

“Sampah sebagain besar berasal dari warga setempat yang membuang sam­pahnya pagi atau sore hari saat pasar sudah selesai di bersihkan,” kata Josriman.

Ia mengatakan bahwa sampah pasar diangkut oleh dinas kebersihan sekali dua hari. Sehingga bak sam­pah jarang penuh, apalagi sampai membludak hingga tidak ter­tampung.

Selain itu, UPTD Dinas Pasar juga menurunkan empat orang petugas keber­sihan untuk mem­bersihkan pasar dari sampah yang berserakan.

Sementara itu, jika hujan turun akan membuat genangan air di depan bak sampah, hingga jalan masuk ke pasar terlihat kotor karena sampah yang ber­serakan disekitar badan jalan.

Disisi lain, tumpukan sampah membuat banyak hewan-hewan liar hidup di atas bak sampah. Sehingga menjadikan kondisi pasar terlihat buruk dan kotor.

“Hal ini sudah pernah di lakukan penertiban oleh Dinas Pasar. Namun, warga setempat tidak menanggapi hal tersebut “ ujarnya.

Ia berharap agar bak sampah yang ada di pasar hanya untuk menam­pung sampah pasar saja.

Karena, jika ditambah lagi sam­pah warga, maka kontainer yang disediakan tidak akan mampu menampung sampah se­banyak itu.

“Sampah pasar saja sudah sulit untuk mengendalikannya, apalagi kalau ditambah dengan sampah war­ga,” katanya. (h/mg-eby)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]