PENGALIHAN WEWENANG SMA

Prestasi Dikhawatirkan Menurun


Kamis, 11 Agustus 2016 - 12:58:58 WIB

PADANG, HALUAN — pe­ngalihan wewenang penge­lolaan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dari Pemerintah kabupaten/kota ke Pemerintah Provinsi di­khawatirkan justru akan menurunkan prestasi siswa.

Demikian kesimpulan dari wawancara Haluan de­ngan dua pengamat pendi­dikan Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Dr. Yal­vema Miaz dan Prof. Dr. Z Mawardi Effendi, Senin (8/8).

Yalvema Miaz yang per­nah menjadi Kepala Dinas Pendidikan Bukittinggi me­ngatakan,  saat pengelolaan SMA sederajat berada di kabupaten/kota, banyak sisi positif yang mendorong peningkatan pendidikan menengah atas dari waktu ke waktu, termasuk soal kua­litas siswa, guru, hingga penye­lenggara pendidikan.

Dijelaskannya, saat dikelola oleh Dinas Pendidikan kabupa­ten/kota, setiap sekolah berse­mangat dalam meningkatkan kualitas masing-masing, yang bermuara pada prestasi yang diraih oleh para pelajar dan guru, baik itu dalam meraih predikat nilai ujian na­sional (UN) terbaik, siswa ber­prestasi, sekolah ber­prestasi dan guru teladan berprestasi.

“Kepala daerah, dalam hal ini bupati dan walikota, berpacu-pacu mendorong sekolah di daerahnya untuk berkompetisi menjadi yang terbaik, dan lebih baik dibanding sekolah di daerah-daerah lain. Ini kompetisi untuk tujuan yang positif sehingga tentu saja sangat baik,” jelasnya.

Sebaliknya, lanjutnya, jika pengelolaan SMA sederajat bera­da di provinsi, besar kemung­kinan kompetisi seperti ini tidak akan terjadi. “Lagipula, provinsi akan punya tugas maha berat mengurus SMA sederajat yang sebanyak itu, apakah siap?” tanyanya.

Bukan melulu soal kualitas pengajar dan pelajar, Yalvema juga mengira akan banyak guru-guru yang resah dan khawatir akan dipindahtugaskan ke daerah-daerah di luar tempat mereka mengajar saat ini, sehingga dita­kutkan bermuara pada berbon­dong-bondongnya para guru minta dipindahkan mengajar ke pendidikan menengah pertama dan pendidikan dasar.

“Nanti ada guru di Pasaman yang dipindahkan ke Solok Sela­tan, padahal mereka sudah punya rumah dan keluarga di tempat sebelumnya. Tentu ini akan men­jadi persoalan,” katanya lagi.

Bukan itu saja, menurut Yal­vema, guru-guru perlu menge­luarkan biaya tambahan saat mengurus berbagai keperluan ke Dinas Pendidikan yang terletak di Padang. Sehingga jika seorang guru tinggal di daerah, akan keluar biaya tambahan ke pusat provinsi untuk mengurus segala keperluannya.

“Selain itu, jika selama ini guru-guru mendapat tunjangan daerah dari walikota dan bupati, dengan pengalihan ini bagai­mana? Apakah provinsi akan memberi tunjada juga, kan belum tentu. Belum lagi, bagaimana penunjukan Kepala Sekolah, tentu provinsi tidak bisa me­monitor secara cermat seluruh guru, dan melihat mana yang paling berpotensi dan layak menjadi kepala sekolah. Sehingga menurut saya, lebih bijak rasanya jika pengelolaan SMA sederajat tetap berada di kabupaten dan kota,” pungkasnya.

 

Tetap di Daerah

Hampir senada dengan Yal­vema Miaz, mantan Rektor UNP Z Mawardi Effredi menilai pro­vinsi tidak akan punya banyak tenaga dan waktu untuk menga­wasi penarikan kewenangan pen­didikan dari kabupaten/kota ke provinsi. Ia menilai kewenangan pendidikan ini seharusnya tetap di kabupaten/kota.

Mawardi mengakhawatirkan, dengan perpindahan kewenangan hanya akan melempar tanggung jawab seketika peringkat pen­didikan ini jeblok. “Kata kabu­paten/kota itu wewenang pro­vinsi, dan kata provinsi juga begitu,”tukasnya.

Kalau pun ini sudah aturan pusat lanjutnya, nanti pemerintah provinsi dan kabupaten sudah harus melakukan koordinasi ter­kait dengan pembagian tugas. “Karena bagaimana pun provinsi tidak akan punya banyak waktu dan tenaga untuk mengawasi ini semua. Perlu juga peran kepala daerah,”tuturnya.

Berbeda dengan kedua penga­mat pendidikan UNP tersebut, Sekretaris Komisi V DPRD Sum­bar, Yuliarman, kepada Haluan menyebutkan, penarikan kewena­ngan SMA/SMK ke provinsi akan dapat melakukan pemerataan di bidang pendidikan, baik itu dalam segi infrastruktur, pegawai dan juga dengan kualitas pendidikan.

“Hal ini tentunya dapat meng­hilangkan kecemburuan antar kabupaten/kota, mengingat sela­ma ini, bagi daerah yang memiliki keuangan lebih besar memilki program pendidikan yang lebih baik pula. Lain halnya ketika daerah yang memang tidak mem­punyai banyak anggaran,” tu­kasnya Selasa (10/8) malam di Padang. (h/isq/isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 15 November 2019 - 11:39:01 WIB

    Kanwil Kemenag Pacu Prestasi Satker, Madrasah dari Sumbar Juara II LSS Nasional

    Kanwil Kemenag Pacu Prestasi Satker, Madrasah dari Sumbar Juara II LSS Nasional JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Barat kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Salah satu madrasah di bawah naungannya, yaitu Madrasah Tsanawiyah Negeri .
  • Sabtu, 23 Maret 2019 - 16:23:04 WIB

    PT Elnusa Petrofin di Padang Berangkatkan Umroh Sopir Mobil Tangki Berprestasi

    PT Elnusa Petrofin di Padang Berangkatkan Umroh Sopir Mobil Tangki Berprestasi PADANG, HARIANHALUAN.COM, Suasana hangat dan penuh keakraban sangat terasa dalam acara m.alam Silaturahmi yang diselenggarakan oleh PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam rangka pemberian award perjalanan ibadah bagi Awak Mobil Tangk.
  • Senin, 25 Juli 2016 - 11:21:40 WIB
    NURMIS YAKUB PIMPIN BATU GADANG

    Lurah Perempuan, Prestasi Segudang

    Lurah Perempuan, Prestasi Segudang PADANG, HALUAN — Kebanyakan posisi sebagai lurah dijabat oleh pria. Na­mun ada juga wanita yang mampu memikulnya.Seperti Nurmis Yakub yang kini menjabat Lurah Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan. Bahkan tak hanya sekedar.
  • Jumat, 03 Juni 2016 - 04:36:38 WIB

    Gempa Tak Surutkan Konsentrasi PTK Berprestasi

    Gempa Tak Surutkan Konsentrasi PTK Berprestasi PADANG, HALUAN —Ken­dati digoyang gempa, workshop dan pembekalan guru, kepala sekolah dan pengawas ber­prestasi tingkat SMA/SMK Provinsi Sumbar tetap ber­semangat dan tenang mengikuti kegiatan di Hotel Rocky Pa­dang, Ka.
  • Senin, 23 Mei 2016 - 17:10:01 WIB

    Camat Silaut Dinilai Tim Camat Berprestasi Sumbar

    Camat Silaut Dinilai Tim Camat Berprestasi Sumbar PAINAN, HALUAN-Camat Silaut Syamwil berhasil membuat terobosan berupa SOP pelayanan masyarakat dan mengantarkannya masuk nominasi camat berprestasi tingkat Sumatera Barat. Syamwil, Senin (23/5), dinilai Tim Penilai Kompetensi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]