Sebagian Besar Pengusaha Depot Air Minum di Padang tak Taat Aturan


Jumat, 12 Agustus 2016 - 16:13:23 WIB
Sebagian Besar Pengusaha Depot Air Minum di Padang tak Taat Aturan Ilustrasi depot air minum

PADANG, HALUAN- Sebagian besar pengusaha Depot Air Minum (DAM) di Kota Padang tidak taat aturan. Dari 672 DAM yang beroperasi, hanya 30 persen yang melakukan pengujan secara berkala.

Semestinya DAM yang menjual pasokan air minum untuk masyarakat melakukan pengujian bakteriologi sekali tiga bulan dan kimia sekali dalam setahun. Namun, prihal ini tidak dijalankan seratus persen oleh DAM yang beroperasi di Padang. Jika hal ini terus dibiarkan, maka kondisi itu akan berampak terhadap kesehatan masyarakat yang mengkonsumsi DAM sebagai kebutuhan air minum sehari-harinya.

Kepada Bidang PMK Dinas Kesehatan Kota Padang, dr. Gentina menjelaskan bahwa hanya sekitar 30 persen DAM yang melakukan pengujian secara berkala yang tercatat dalam 22 Puskesmas di Kota Padang. Sedangkan selebihnya tidak taat aturan. Menurut Gentina, Dinas Kesehatan melakukan pengujian untuk masing-masing depot secara berkala sekali dalam satu tahun. Hal ini ditujukan untuk pengujian kimia terhadap seluruh elemen dari depot air minum tersebut. (h/mg-eby)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 05 Juli 2018 - 21:13:57 WIB
    ASET TAMAN KHATIB DITAKSIR RATUSAN JUTA

    Sebagian Telah Dibongkar, Pendataan Baru Dimulai

    Sebagian Telah Dibongkar, Pendataan Baru Dimulai PADANG, HARIANHALUAN.COM–Pemko Padang sejak akhir Juni 2018 sudah memulai proyek pelebaran jalan Khatib Sulaiman dari empat lajur menjadi enam lajur. Taman-taman di median jalan perlahan dibongkar, tetapi aset pertamanan be.
  • Jumat, 01 September 2017 - 01:22:49 WIB

    Gempa Susulan Mengguncang, Sebagian Warga Masih Mengungsi

    Gempa Susulan Mengguncang, Sebagian Warga Masih Mengungsi PADANG, HALUAN -- Gempa dahsyat yang mengguncang Padang pada Jumat (1/9) dinihari pukul 00.06 WIB, juga diikuti oleh gempa susulan. Kekuatan gempat tersebut lebih rendah dari gempa awal, yakni 3,9 SR dan terjadi sekitar 1 jam.
  • Rabu, 07 Juni 2017 - 11:54:43 WIB

    Sebagian Besar Pengabdi Sosial Kaum Wanita

    PADANG,HALUAN -- Sebagian besar dari pengabdi sosial di Sumbar, ternyata adalah kaum wanita. Hal ini terungkap saat buka bersama seluruh 'pengabdi' sosial lembaga binaan istri Gubernur Sumatra Barat akhir pekan di Gubernuran.
  • Selasa, 09 Mei 2017 - 08:29:28 WIB

    Sebagian Besar Penerima Rastra Belum Nikmati E-Voucer

    Sebagian Besar Penerima Rastra Belum Nikmati E-Voucer PADANG, HALUAN – Sebanyak 71 dari 89 Kepala Keluarga (KK) yang berhak di Kelurahan Flamboyan Baru, Kecamatan Padang Barat, belum menerima E-voucer dari Fasilitator Depkes Kota Padang. Penerima kartu E-Voucer adalah saringan.
  • Kamis, 06 April 2017 - 09:56:56 WIB

    Sebagian Warga Miskin Dibantu Pemerintah

    PADANG, HALUAN—Penduduk miskin di Kota Padang, tahun 2017 tercatat sebanyak 43 ribu jiwa. Dari keseluruhan jumlah tersebut, yang mendapat bantuan hanya sekitar 27.427 orang dari pemerintah..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]