GELIAT PEPBSI MERIAHKAN HUT RI

Bagi-bagikan Sariak, Menggelorakan Persatuan


Sabtu, 13 Agustus 2016 - 02:43:31 WIB
Bagi-bagikan Sariak, Menggelorakan Persatuan ANGGOTA Karang Taruna PEPBSI tengah mengecat tiang-tiang bambu untuk dijadikan tiang bendera. (APIZ JACKSON)

Peringatan HUT Ke­mer­dekaan RI ke-71, tinggal me­nu­ng­gu hari. Berbagai persiapan kegiatan untuk memeriahkan mo­men­tum bersejarah itu, telah mulai dilakukan berbagai kelompok dan lapisan ma­sya­rakat. Semua, semata ber­tu­juan untuk mem­bang­kit­kan kembali rasa kebang­saan dan jiwa nasionalisme warga.

Terik mentari yang di­balut dinginnya udara pe­gu­nungan, tak membuat lang­kah para pemuda yang ter­gabung dalam kelompok Karang Taruna PEPBSI (Pe­mu­da-Pemudi Berkreasi Si­laing Bawah) surut untuk memasuki kawasan rimba di daerah Silaiang Bawah Pa­da­ng Panjang Barat, Kota Pa­dang Panjang, Jumat (12/8).

Belasan pemuda tersebut tampak bersemangat dan dengan gagahnya memasuki rimba untuk men­cari sa­riak (bambu kecil, red). Mes­kipun di jaman penjajahan dulu para pemuda mencari bambu yang diruncingkan untuk dijadikan senjata mengusir penjajah, na­mun saat ini para Pemuda Karang Taruna PEPBSI mencari bambu untuk dijadikan tiang bendera pengibar Sang Saka Merah Putih.

Ketika ratusan sariak sudah terkumpul, merekapun bersama-sama membersihkan dan mem­berikan warna yang menarik meng­gunakan cat minyak pada sariak tersebut. Bermodal kuas dan beberapa kaleng cat minyak, ratu­san sariak yang masih ber­warna hijau itupun mereka sulap menjadi abu-abu, layaknya tiang bendera yang terbuat dari pipa besi.

Mengingat waktu pe­ma­sang­an bendera merah putih yang semakin mendekat, para Pemuda Karang Taruna PEPBSI harus bekerja ektra keras. Kerja tak kenal waktupun mulai mereka lakoni, tak peduli siang dan malam. Karena setelah selesai dicat, maka selanjutnya mereka akan menye­barkan sariak tersebut ke rumah-rumah warga.

Satu persatu gang dan tiap rumah pun mereka datangi, di setiap rumah mereka tinggalkan satu batang sariak dengan hara­pan berkibarlah bendera merah putih di setiap rumah warga.

“Kegiatan mem­bagi­kan sa­riak ke rumah-rumah warga ini telah kami lakukan sejak beberapa tahun belakangan.

Semua sariak itu kami cari di hutan dan kami cat lagi supaya terlihat lebih bagus sebelum di bagikan keru­mah warga,” ujar Ketua Pemuda Karang Taruna PEPBSI, Robi Delvian yang akrab disapa Girop.    

Membagi sariak ini, lanjut Gi­rop, memang telah termasuk dalam serangkaian kegiatan ta­hunan Ka­rang Taruna PEPBSI dalam menyam­but HUT RI, dan biasanya setelah ini akan ada beberapa kegiatan hiburan dan berbagai per­lom­baan untuk masyarakat.

“Selain sariak, saat ini kita tengah mempersiapkan berbagai kegiatan hiburan dan perlombaan untuk masyarakat. Demi sukses­nya serangkaian kegiatan ini, kita tentu juga berharap sumbangsih dari masyarakat,” harap Girop didampingi Ketua Pelaksana, Rhian Fernandez.

Ditambahkan Fernandez, seja­lan dengan slogan HUT RI ke 71 “Indonesia Kerja Nyata”, saat ini mereka berusaha mengapli­kasi­kan slogan tersebut dalam setiap kegiatan dan pekerjaan yang dilaksanakan. Meskipun hanya kerja suka rela, namun keseriusan dan kekompakan tetap harus dijaga.

“Agar terealisasinya slogan HUT RI ke-71 ini, sangat di­butuh­kan adanya kerjasama dan saling pengertian semua pihak, baik pemuda, masyarakat maupun pemerintahan,” tandasnya. (**)

 

Laporan: APIZ JACKSON





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM