Terapkan Teknologi Tercanggih, XL Maksimalkan Kualitas Layanan 4G LTE


Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:18:22 WIB
Terapkan Teknologi Tercanggih, XL Maksimalkan Kualitas Layanan 4G LTE

JAKARTA, HALUAN — PT XL Axiata Tbk (XL) menerapkan teknologi pen­dukung untuk semakin me­maksimalkan kualitas 4G LTE. XL antara lain me­nerapkan teknologi untuk semakin meningkatkan kece­patan dan kestabilan jaringan, juga untuk convergensi la­yanan 4G dengan berbagai teknologi mobile lainnya.

Rahmadi Mulyohartono, Se­nior GM Network Planning XL mengutarakan, upaya pi­hak­­nya meningkatkan ku­alitas la­yanan 4G LTE tak sebatas te­rus memperluas wilayah laya­nan, namun juga pada penera­pan bermacam teknologi terkini agar ke­cepatan dan kestabilan sinyal bisa diting­katkan.

Rahmadi menerangkan, teknologi yang diterapkan oleh XL, antara lain 4T4R. Teknologi ini berfungsi untuk meningkatkan kecepatan akses data dan kestabilan kualitas layanan XL 4G LTE dengan menggunakan tek­nologi kombinasi multi-sig­nal, berupa kombinasi 4 sinyal transmit dan 4 sinyal penerima. Artinya, teknologi ini mampu memancarkan Data dengan kombinasi 4 sinyal, sekaligus menerima data dari kombinasi 4 sinyal. Teknologi ini pengembangan dari versi sebelumnya 2T2R.

Teknologi tersebut mem­berikan manfaat yang bisa langsung dirasakan oleh pe­langgan 4G LTE XL. Pe­langgan akan mendapatkan kecepatan akses data lebih tinggi, serta kestabilan kua­litas layanan yang lebih baik dari teknologi sebelumnya. Pelanggan yang berada di dalam ruangan juga akan merasakan signal yang lebih kuat dan stabil. Bahkan, konsumsi baterai di ponsel pintar (smartphone) pelang­gan juga akan lebih hemat.

Ia menjelaskan, manfaat juga akan didapatkan oleh pelanggan dengan aplikasi data besar. Mereka akan sangat merasakan penga­laman real­time yang dikirim oleh operator. Bahkan, pe­langgan akan semakin sering menggunakan internet real tanpa di simpan dilokal me­mori, karena sudah tidak ada perbedaan.

“Untuk saat ini XL hanya mengaktifkan teknologi 4T­4R di jaringan LTE sehingga hanya pelanggan dengan kapabilitas LTE dan ponsel dengan klasi­fikasi ponsel pintar yang sudah bisa me­rasakan manfaatnya,” ujar Rahmadni dalam rilis yang diterima Haluan, Kamis (11/8).

Teknologi tersebut sudah di implementasikan sejak Juli 2016, antara lain di Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Secara bertahap akan terus diperluas ke kota-kota 4G lainnya, antara lain Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang.

Konvergensi berbagai teknologi mobile

Mulai awal 2017, XL akan menerapkan teknologi IP Multimedia Subsystem (IMS). Teknologi ini mampu mengonvergensikan berbagai teknologi mobile yang saat ini ada (2G/3G/4G/5G) ataupun generasi selanjutnya, maupun fixed network atau WiFi, dalam satu single core network saja. Berbasis IMS yang fitur proof teknologi ini serta ke­mampuannya dalam menga­dopsi berbagai macam layanan berbasis IP secara luas dan fleksibel, XL akan mampu memperkaya layanan 4G de­ngan berbagai fitur baru. Misalnya, layanan kon­ferensi media, obrolan grup, berkas atau membagi video share.

Selanjutnya, dengan tek­nologi IMS ini, XL juga akan semakin mudah dalam mem­bangun layanan solusi ber­basis IOT dan multimedia. Salah satunya adalah solusi mengatasi persoalan kualitas sinyal di dalam gedung. De­ngan IMS, solusi yang bisa dihadirkan antara lain men­gonvergensikan akses WiFi yang tersedia di gedung de­ngan jaringan selular XL yang sudah ada. Dengan demikian, pelanggan akan tetap bisa mengakses berba­gai macam layanan seluler XL dengan perantara WiFi.

Teknologi IMS juga akan bisa memaksimalkan peng­gunaan spektrum frekuensi, seiring dengan akan terus berpindahnya pelanggan 2G/3G ke LTE. Teknologi 4G yang murni untuk akses data, dengan IMS, akan bisa dipa­kai XL untuk meberikan layanan suara dan SMS di atas jaringan LTE, dan juga layanan-layanan lain yang lebih banyak lagi berbasis IP. (h/rel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]