OLIMPIADE 2016

Laga Pertama Tommy Berjalan Mulus


Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:19:25 WIB
Laga Pertama Tommy Berjalan Mulus Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto berhasil meraih kemenangan dilaga pertama grup J Olimpiade, Jumat (12/8).

Rio de Janeiro, Ha­luan  — Pebulutangkis tung­gal putra Indonesia Tom­my Sugiarto me­me­nangi laga pertamanya di Olim­piade 2016 dengan mulus. Meng­hadapi Howard Shu dari Amerika Serikat, Tommy menang dua gim langsung 21-14, 21-10 di Riocentro Pavilion 4, Jumat (12/8).

Diunggulkan di tempat ketujuh, Tommy hanya bu­tuh waktu 36 menit untuk menyudahi perlawanan pe­main peringkat 67 dunia itu.Tommy mendapat poin pertama usai pengembalian Howard ke arah belakang keluar lapangan. Selan­jut­nya, Tommy relatif me­ngen­dalikan permainan dan me­rebut lima poin beruntun untuk unggul 6-0.

Howard mulai bisa mem­baca permainan Tommy dan mengejar hingga kedudukan 9-8. Tapi Tommy mampu merebut dua poin be­rikut­nya untuk unggul 11-8 saat memasuki interval. Selepas interval, Tommy mampu kembali memegang per­mai­nan dan unggul 18-10. Tom­my akhirnya merebut gim pertama dengan skor 21-14 dalam tempo 19 me­nit.

Di gim kedua, Tommy kembali memulai dengan baik dengan merebut enam poin beruntun untuk unggul 6-1. Tommy kemudian ung­gul jauh 11-4 saat interval. Tommy terus mendikte per­mainan dan mampu me­le­barkan keunggulan menjadi 10 poin di keduduan 15-5. Terus menjaga keunggulan hingga 19-9, Tommy akhir­nya mendapat match point setelah smesnya ke arah ba­dan Howard tidak bisa dikembalikan.

Tommy akhirnya me­menangi pertandingan se­telah bola pengembalian Howard tidak menyeberang net. Di pertandingan beri­kut­nya di Grup J, Tommy akan menghadapi wakil Kuba, Osleni Guerrero, Minggu (14/8). Kemenangan di laga tersebut akan mengantar Tommy ke babak 16 besar.

Sementara itu pe­pa­nah Indonesia, Riau Ega Aga­tha, gagal melangkah ke perempat final cabang pa­nahan nomor individu putra Olimpiade Rio de Ja­ne­i­ro 2016. Pada babak 16 besar yang berlangsung di Sam­brodomo, Jumat (12/8), Riau Ega takluk 0-6 dari atlet Italia, Mauro Nespoli. 

Setelah membuat ke­ju­tan dengan mengalahkan ung­gulan pertama asal Ko­rea Selatan, Kim Woo-jin, pada babak 32 besar, Riau Ega diharapkan kembali tampil gemilang, namun, kali ini kejutan itu gagal terulang. Nespoli terlalu tangguh bagi Riau Ega. Ang­gota tim panahan Italia yang meraih medali emas pada Olimpiade London 2012 tersebut menang tiga set langsung, sehingga men­catat skor 6-0.

Pada set pertama, Nes­poli tampil hampir sem­purna. Dia mendapat dua nilai 10 dan satu nilai 9, sehingga total membukukan 29 poin. Ada­pun Riau Ega hanya mem­bu­kukan 25 poin, perinciannya dua kali nilai 8 dan sekali nilai 9.

Set kedua berjalan lebih ketat. Nespoli lagi-lagi men­dapatkan nilai 29. Namun, kali ini Riau Ega bisa mem­berikan perlawanan lebih baik dengan raihan 27 poin, dengan perincian sekali nilai 10, 9, dan 8. Hasil ini memberikan harapan bagi atlet Indonesia tersebut un­tuk bangkit pada set ketiga. 

Pada set ketiga, Nes­po­li gagal mengulangi hasil hampir sempurna seperti pada set pertama dan kedua. Tapi, lagi-lagi perolehan poinnya lebih baik di­ban­ding Ega. Dia unggul 27-25, sekaligus mengunci tiket ke babak perempat final. 

Dengan hasil ini, kans panahan untuk me­nyum­bang­kan medali bagi In­do­nesia di Olimpiade Rio 2016 su­dah tertutup. Se­luruh atlet panahan Indonesia sudah tersingkir dari persaingan. Indonesia pun kini tinggal berharap pada tiga cabang yang masih diikuti, yaitu bulutangkis, BMX, dan lompat jauh. 

Sementara itu hingga hari Jumat (12/8) Indonesia masih belum berhasil menambah medali. Indonesia berada di posisi ke 39 dengan raihan dua medali perak.Indonesia memiliki jumlah medali yang sama dengan Denmark dan Azarbaijan. (h/san)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]