Harga Tomat Anjlok, Petani Mengeluh


Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:39:34 WIB
Harga Tomat Anjlok, Petani Mengeluh SALAH seorang pedagang tomat dan kebutuhan dapur lainnya di Pasar Ibuh, mematok harga tomat Rp5 ribu perkilogram. (ZUL)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Para petani tomat di Kabupaten Lima­puluh Kota mengeluhkan anjloknya harga tomat. Se­belumnya harga komoditi holticultura itu ditingkat petani Rp2.000 hingga Rp­3.000 per kg, saat ini anjlok menjadi Rp1.000 per kg. Sehingga para petani tomat risau karena pendapatan mereka menurun drastis.

Anjloknya harga tomat di tingkat petani di daerah ini, diinilai akibat permintaan pasar lagi menurun. Se­dang­kan diladang petani banyak buah tomat yang sedang dipanen. Lagipula buah to­mat tidak bisa disimpan lama cepat membusuk, mereka menjual secepatnya, akhirnya petani para petani merugi.

Keluhan itu disampaikan H.Fahri, mewakili para petani Jorong Subarang Tabek, Na­gari Situjuh Bandar Dalam, Kecamatan Situjuh Limo nagari yang dijumpai Haluan di Kantor Dinas Tanaman Pangan, Holticultura dan Perkebunan Limapuluh Kota, di Sarilamak, Jumat (12/8) kemarin.

Menurutnya, harga tomat sebulan sebelumnya men­capai Rp3.000 per kgnya ditingkat petani. Namun saat ini tomat petani dihargai pedagang pengumpul hanya Rp1000 per kg, sehingga petani tak memperoleh ke­untungan. “Beli pupuk kan­dang, upah olah tanah dan biaya pemeliharaan sampai panen tidak pulang,” ulasnya.

 Dari pantauan ke sekitar lokasi tersebut, memang terlihat banyak kebun tomat milik penduduk Situjuh Ban­dar Dalam. Meski harga tomat sempat anjlok, ternyata masyarakat petani masih banyak berkebun tomat di seputar Jorong Subarang Tabek. Tanaman tomat mere­ka terlihat bagus dan subur.

Kepala Distanhutbun, Afrizul Nazar dan Kadis Koperindag, Yunire yang dihubungi terpisah me­nyatakan, biasanya harga murah produksi tomat tak mampu diserap pasar. Untuk menampung kelebihan paso­kan tomat seharusnya ada pabrik saus tomat. “Tapi kendalanya panen tomat ma­syarakat belum kontinyu dan berkesenabungan untuk pa­sokan pabrik. Sehingga untuk jangka sekarang sebelum bertanam tomat perlu dike­tahui kondisi pasar, jangan asal ditanam,” ujarnya. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 18 September 2020 - 11:13:48 WIB

    Buruan ke Pegadaian! Harga Emas Banyak yang Turun Hari Ini

    Buruan ke Pegadaian! Harga Emas Banyak yang Turun Hari Ini HARIANHALUAN.COM - Harga emas batangan yang dijual di Pegadaian hari ini, Jumat (18/9/2020) bervariasi, ada yang naik ada yang turun. Melansir data dari situs resmi Pegadaian, harga emas Antam standar stagnan di semua satuan.
  • Rabu, 16 September 2020 - 23:40:36 WIB

    Mandiri Syariah Raih Penghargaan Market Leadership Award dari Global Islamic Finance

    Mandiri Syariah Raih Penghargaan Market Leadership Award dari Global Islamic Finance HARIANHALUAN.COM — PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) kembali memperoleh pengakuan internasional melalui penghargaan Market Leadership Award 2020. Penghargaan kategori Developing Islamic Banking in Indonesia ini dite.
  • Rabu, 16 September 2020 - 19:44:20 WIB

    Hore! Harga Pertalite di Sumatera Bakal Turun Jadi Rp 6.450

    Hore! Harga Pertalite di Sumatera Bakal Turun Jadi Rp 6.450 HARIANHALUAN.COM - CEO Commercial & Trading Subholding Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan, PT Pertamina (Persero) berencana memperluas promo Pertalite hingga Sumatera. Promo ini menyasar pada wilayah yang penggunaan bahan bak.
  • Selasa, 15 September 2020 - 13:07:27 WIB

    Gaji Pegawai Terus Naik, Begitu Juga dengan Harga Rumah

    Gaji Pegawai Terus Naik, Begitu Juga dengan Harga Rumah HARIANHALUAN.COM - Keberadaan tempat tinggal atau hunian sejatinya merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus tercukupi. Namun harga properti yang cukup mahal dan terus naik dari tahun ke tahun, menyulitkan beberapa kala.
  • Jumat, 11 September 2020 - 13:36:43 WIB

    Harga Emas di Pasar Global Terus Menanjak

    Harga Emas di Pasar Global Terus Menanjak HARIANHALUAN.COM-Harga emas di pasar global  menguat untuk hari ketiga berturut-turut pada akhir perdagangan Kamis atau Jumat pagi (11/9/2020) WIB. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]