Latihan PBB di Jalanan Diprotes Warga


Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:44:02 WIB
Latihan PBB di Jalanan  Diprotes Warga Antrean kendaraan di Batang Kapas Pessel saat siswa berbagai sekolah latihan PBB di Jalan Nasional. (HARIDMAN KAMBANG)

PAINAN, HALUAN — Se­jumlah  warga pengguna jalan nasional di Pessel meminta latihan persatuan baris berbaris (PBB) di jalan raya yang  kini  marak untuk peringatan  17 Ag­us­tus -an, agar segera   di­hen­ti­kan dan dipindahkan  ke lokasi lain.  Keberadaan siswa yang berlatih PBB sangat mengganggu pengguna jalan dan bahkan menimbulkan macet disejumlah tempat.

Syofian (50) supir truk Jumat (12/8) menyebutkan, beberapa hari terakhir sudah banyak siswa yang berlatih PBB di jalanan. Keberadaan siswa latihan gerak jalan ter­sebut telah mengganggu arus lalu-lintas. “Kami meminta pelatih tidak membawa siswa latihan PBB di jalanan. Kini hampir setiap kecamatan ada kegiatan latihan PBB di jala­nan,” katanya.

Sebaiknya  merekja men­contoh  pelatihan  71 siswa SLTA se Pesisir Selatan saat  yang tidak   menggunakan jalan raya.  Mereka  mengikuti Pemusatan Akhir Pelatihaan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2016.  “Pelatihan ini sebaiknya menjadi contoh bagi keca­matan yang mempersiapkan diri hadapi 17 Agustus karena mereka latihan di tempat khu­sus dan tidak mengganggu jalan,” ungkapnya.

Sementara itu Sekda Pessel Erizon menyebutkan, 71 pe­serta latih sebelumnya telah melalui beberapa tahapan. Mereka berasal dari 37 SLTA yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan. Dari seleksi awal terjaring 450 orang siswa dan akhirnya menjadi 71 ora­ng.”Penseleksian dilakukan oleh TNI, Polri, Dinas Kese­hatan, Dinas Pendidikan, Di­nas Pemuda dan Olahraga, budaya dan pariwisata, Satpol PP, Purna Paskibraka Indo­nesia dan Sekretariat daerah Kabupaten Pessel,” katanya.

Disebutkannya, peserta terdiri dari 36 orang putera dan 35 orang puteri, hal ini di­sesuaik­an dengan formasi yang akan dibentuk dalam pelak­sana­an upacara penaikan dan penurunan bendera.

Diharapkan Erizon, se­luruh siswa agar dapat mem­berikan yang terbaik dalam pelaksanaan pelatihaan sampai dengan pengibaran dan penu­runan bendera. Seluruh peserta dituntut mengikuti seluruh materi dan praktek yang di­beri­kan oleh palatih.” Karena itu kepada anak –anak kami, diminta untuk dapat menjaga kesehatan dan kebersihaan. Pembinan  dan pelatih juga diharapakan menjalankan tu­gas sebaik mungkin, sehingga proses pelatihaan sampai deng­an pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar, serta materi dan praktek yang diberikan kepada peserta dapat diserap dengan baik dan dapat diaplikasikan dengan baik pula nantinya,” katanya.

Hendra, salah seorang anggota Paskibra menye­but­kan, ia merasa senang telah masuk ke Pemusatan Pe­lati­han Calon Paskibra. “Menjadi pasukan pengibar bendera pusaka merupakan tugas ke­negaraan dan tugas yang mu­lia, dan saya merasa bangga deng­an kesempatan ini,” ka­tanya. (h/har)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 20:01:02 WIB

    Wah, Kapolda Sumbar dan Jajaran Latihan Menembak

    Wah, Kapolda Sumbar dan Jajaran Latihan Menembak HARIANHALUAN.COM - Untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan senjata api, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto beserta pejabat utama mengadakan latihan menembak. Latihan ini dilakukan di lapangan tembak Satbrimob Polda.
  • Sabtu, 13 Juni 2020 - 20:35:15 WIB

    Sempat Tertunda, Pelatihan Kompetensi di Agam Kembali Dilanjutkan

    Sempat Tertunda, Pelatihan Kompetensi di Agam Kembali Dilanjutkan HARIANHALUAN.COM - DPMPTSP-Naker Kabupaten Agam kembali melanjutkan pelatihan berbasis kompetensi sub kejuruan yang sempat tertunda sekitar 2,5 bulan akibat dampak wabah Covid-19..
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 16:52:21 WIB

    Taspen Bukittinggi Gelar Pelatihan Hidroponik Melalui Aplikasi Zoom

    Taspen Bukittinggi Gelar Pelatihan Hidroponik Melalui Aplikasi Zoom Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi, mengikuti sosialisasi program kewirausahaan ASN 2020, berupa pelatihan hidroponik berbasis online melalui aplikasi  zoom meeting, yang diselenggarakan PT T.
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 00:46:15 WIB

    40 Personil Polda Sumbar Ikuti Pelatihan di BLK Padang

    40 Personil Polda Sumbar Ikuti Pelatihan di BLK Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Polda Sumbar yang terdiri dari 40 personil mengikuti pelatihan membuat masker, peti mati dan memasak di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang..
  • Ahad, 15 Maret 2020 - 16:17:50 WIB

    Dinas Perpustakaan Kota Solok Lanjutkan Program Pelatihan Menulis

    Dinas Perpustakaan Kota Solok Lanjutkan Program Pelatihan Menulis SOLOK, HARIANHALUAN.COM — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok melanjutkan program pelatihan menulis untuk siswa SD hingga SMA pada tahun ini. Dengan begitu, tahun ini merupakan tahun keempat program itu..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]