Tapal Batas, Rawan Konflik


Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:44:31 WIB

PADANG, HALUAN — Enam titik tapal batas di kabupaten/kota  di Sumbar dan satu di provinsi,  rawan konflik. Kawasan ini  masih bermasalah dan menimbulkan saling klaim antara satu dengan yang lain.

Kepala Biro Pemerintahan Sekdaprov Sumbar, Mardi menyebut tapal batas yang butuh diperjelas kepemilikan wilayahnya adalah, Padang Panjang dengan Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Si­junjung dengan Dharmasraya, Kota Padang dengan Padang Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman dengan Kota Pariaman, Kabupaten Agam dengan Tanah Datar, dan Kabupaten Dhar­masraya dengan Kabupaten Solok.

Sementara yang tingkat provinsi adalah per­batasan Sumbar dengan Jam­bi. ”Meng­hindari kemungkinan terjadinya konflik, masalah tapal batas di beberapa kabupaten/kota dan satu di provinsi tadi kita prioritaskan selesai tahun besok,” sebut Mardi saat ditemui Haluan diruangannya, Jumat (12/8).

Meski tak menyebut secara rinci anggaran yang dibutuhkan untuk memperjelas status beberapa wilayah tersebut. Ia menegaskan pembiayaaan akan bersumber dari APBN dan APBD provinsi.

Menyangkut masalah tapal batas, tam­bah­nya, semua tak bisa dilepaskan dari kepemilkan tanah ulayat. Atas alasan itu juga Pemprov tengah mengusulkan keterlibatan niniak untuk menye­lesaikan persoalan tapal batas yang ada.

Usulan melibatkan niniak mamak juga telah disampaikan ke pusat. Ia menyebut, pada Kamis 11 Agustus lalu pihaknya baru saja kembali dari ke Kemendagri guna memberi  masukan atas penyem­purnaan Undang-undang (UU) No 23 Tahun 2014 tentang penetapan batas daerah. Saat penyampaian masukan tersebut disebutkanlah keinginan Sumbar melibatkan niniak mamak atau tokoh masya­rakat dalam penyelesaian tapal batas. “Ke­mung­kinan akhir tahun ini Permendagri atas UU Nomor 23 tersebut telah keluar. Kita berharap apa yang jadi masukan dari kita bisa diterima, dengan demikian itu bisa diterapkan awal 2017 mendatang,” pungkasnya. (h/len)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 Oktober 2020 - 17:43:18 WIB

    Tapal Batas Menjadi Pemicu Bentrok Anatara Dua Nagari di Tanah Datar

    Tapal Batas Menjadi Pemicu Bentrok Anatara Dua Nagari di Tanah Datar HARIANHALUAN.COM-- Disinyalir karena permasalahan tapal batas, warga Nagari Padang Laweh Malalo bentrok dengan Nagari Sumpur di Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar. Akibatnya, satu pleton Brimob Padang Panjang di.
  • Ahad, 19 April 2020 - 16:26:30 WIB

    Mapala Poltapala Bagikan Ratusan Masker di Pasar Sarilamak

    Mapala Poltapala Bagikan Ratusan Masker di Pasar Sarilamak PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Mapala Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Mapala Poltapala) juga aktif melakukan berbagai kegiatan Sosial Kemasyarakatan, salah satunya upaya memutus rantai penyebaran Virus Corona atau Cov.
  • Senin, 24 April 2017 - 13:17:09 WIB

    Sumbar – Jambi Saling Klaim Tapal Batas

    Sumbar – Jambi Saling Klaim Tapal Batas PADANG, HALUAN – Pemprov Sumbar akhirnya mulai menyelesaikan masalah tapal batas dengan provinsi tentangga satu persatu. Selesai dengan Bengkulu dan Provinsi Sumatera Utara, kini Pemprov Sumbar dihadapkan dengan penyelesaia.
  • Jumat, 21 April 2017 - 10:51:52 WIB

    Penentuan Tapal Batas, Sumbar–Jambi Saling Klaim Wilayah Adat

    Penentuan Tapal Batas, Sumbar–Jambi Saling Klaim Wilayah Adat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pemprov Sumbar akhirnya mulai menyelesaikan masalah tapal batas dengan provinsi tentangga satu persatu. Selesai dengan Bengkulu dan Provinsi Sumatera Utara, kini Pemprov Sumbar dihadapkan dengan p.
  • Sabtu, 04 Februari 2017 - 19:14:41 WIB

    Sembilan Segmen Tapal Batas di Sumbar Bakal Selesai Tahun Ini

    Sembilan Segmen Tapal Batas di Sumbar Bakal Selesai Tahun Ini PADANG, HALUAN--Tahun 2017 ini, Pemerintah Provinsi Sumbar menargetkan akan menyelesaikan 9 segmen tapal batas yang ada di kabupaten kota..

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]