Walikota Padang: Masuk SMK Lebih Baik


Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:45:15 WIB
Walikota Padang: Masuk SMK Lebih Baik Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah.

PADANG, HALUAN —Jumlah pengganguran di Kota Padang tercatat hingga Agustus ini 3.723 orang yang didominasi tamatan SMA. Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyarankan agar siswa-siswi yang tidak tertampung di negeri untuk memilih sekolah menengah kejuruan (SMK).

Berdasarkan data Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan (Dinsosnaker) Kota Padang ada 1.989 orang tamatan SMA yang mencari kerja, diikuti tamatan sarjana 1.207 orang, diploma sebanyak 348 orang, SMP sebanyak 166 orang dan SD sebanyak 13 orang.

“Dibandingkan dengan tamatan SMA, hanya 2-3 persen saja siswa SMK yang tidak bekerja. Saat ini peme­rintah kota sudah menambah dua SMK. SMK yang di­bangun ini juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk melatih dan mem­berikan lowongan pekerja bagi mereka yang telah lulus sekolah,” ujar Mahyeldi, Selasa (9/8).

Mahyeldi juga berharap kepala SMK di kota Padang lebih kreatif lagi agar dapat memenuhi kebutuhan pasar yang semakin maju. Sekolah juga harus ber­sinergi dengan perusahaan, mengevaluasi diri dan mampu membuat terobosan baru.

Menurut Mahyeldi, saat ini Kota Padang bekerjasama dengan 40 perusahaan, salah satunya PT San Marino yang bergerak di bidang kapal pesiar dan perhotelan di luar negeri.  Bagi perusahaan yang ingin bergabung dengan Din­sosnaker, pemerintah akan membantu, mem­per­mu­dah dan mempercepat perizinan perusahaan tersebut.

Secara jangka panjang pe­merintah juga akan mem­per­baiki pendidikan dan kuri­kulum di Kota Padang agar dapat me­ngu­rangi angka pe­ngang­guran. Selain men­yuruh anak masuk SMK, pemerintah juga mengadakan acara bursa kerja untuk mem­bantu pencari kerja dan peng­guna tenaga kerja bertemu dengan cepat pada pameran bursa kerja. (h/mg-rma)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]