KDEI Ikut Meriahkan TdS


Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:50:30 WIB
KDEI Ikut Meriahkan TdS Komunitas desainer KDEI yang diketuai Raizal Boeyoeng Rais bersama perwakilan dari Dinas Pariwisata Kota Padang di Hotel Mercure, Jumat (12/8). (AFRIANITA)

PADANG, HALUAN—Ko­munitas Desainer Etnik In­donesia (KDEI) ikut serta memeriahkan penutupan Tour de Singkarak 2016. Demikian dikatakan Ketua Umum KDEI Raizal Bo­eyoe­nq Rais pada Haluan saat bertemu Dinas Pariwisata Kota Padang di Hotel Mercure, Jumat (12/8).

KDEI akan mengisi acara malam ramah tamah pe­nutu­pan TdS di Bawah Jam Ga­dang Bukittinggi Sabtu 13 Agustus 2016 ( hari ini, red).

Sebanyak delapan desainer KDEI akan mengisi acara malam ramah tamah penutu­pan TdS di bawah Jam Ga­dang. Mereka adalah, Oline Sulam Bukittinggi, Ikhsan Warna, Ivone Pelaminan Bun­do Banang Sahalai Rita Pus­pita, Olena, Linda, Yus Rusky, Emalia Chaidir dan Yessi.

Lalu keesokkan harinya, mereka akan menghadiri acara farewel party Tour de Sing­karak di Tugu Perdamaian Padang. Dikatakan Boeyoeng, KDEI senantiasa hadir dan ikut ambil serta dalam setiap iven promosi daerah salah satunya iven TdS. “Ke­datang­an KDEI ke Padang dan Sum­bar atas undangan Bapak Raseno Arya dari Ke­men­terian Pariwisata. Sekalian juga untuk melihat, apa ke depannya ajang TdS juga bisa disatukan dengan peragaan busana,” kata Boeyoeng pang­gilan akrabnya. Raizal Boe­yoenq Rais didampingi, Hu­mas KDEI Keke Marpaung, Bidang Pemasaran KDEI Cint­hia Yu­lianti dan para desainer Sumbar En Shirikie, Andri Tanzil, Yadhir, Oline dan Shakila.

Boeyoeng mengatakan ket­ika pembukaan Tour de Sing­karak di Jakarta, sebanyak 15 desainer dari KDEI ikut tampil memperagakan busana Minang.

"Partisipasi KDEI tersebut mendapatkan apresiasi positif dari Walikota Padang Panjang dan Walikota Sawahlunto. Ke­dua kepala daerah itu juga berjanji, mereka akan meli­bat­kan KDEI nanti dalam acara promosi daerah mereka,” kata Boeyoeng.  

Pada kesempatan tersebut, Keke Marpaung mengatakan KDEI ikut mendukung mem­promosikan pariwisata Indo­nesia melalui busana etnik asli Indonesia. "Melalui hasil karya busana etnik kami mendukung ajang pariwisata di Indonesia," jelasnya.

Sementara itu Cinthia Yu­lianti mengatakan saat ini ada 100 anggota KDEI. Sekitar 40 persen diantaranya adalah perajin dan sisanya desainer.

“Pemasaran bertugas un­tuk mencari peluang agar hasil karya para perajin dan de­sainer ini, bisa mendapatkan tempat dan pasar dari iven-iven yang diikuti KDEI se­hing­ga KDEI harus banyak mencari peluang dan ikut berpartisipasi dalam banyak iven termasuk juga diantara­nya TdS,” katanya. (h/ita)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]