JELANG PERINGATAN KEMERDEKAAN RI

Penjual Bendera Sepi Pembeli


Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:51:03 WIB
Penjual Bendera Sepi Pembeli PENJUAL bendera di Jalan Khatib Sulaiman Padang.

PADANG, HALUAN — Je­lang hari kemerdekaan RI ke-47, sejumlah pedagang bendera justru mengaku hasil penjua­lannya merosot di­bandingkan pada tahun se­belumnya.

Berdasarkan pantauan Haluan, Jumat (12/8) pada beberapa pedagang Jalan Khatib Sulaiman, Padang, tak banyak warga  yang membeli bendera tersebut.

Riko (30) salah seorang pedagang mengatakan, di tahun ini ia merasakan peju­alan bendera sangat sepi, belum banyak warga yang membeli bendera yang diju­alnya.

Hal ini terbukti dari om­zet yang didapatkannya sela­ma berjualan, jika di tahun 2015 ia bisa mengantongi uang sebesar Rp2 juta per hari, sekarang hanya Rp 800 ribu per hari.

“Tahun ini penjualan se­dikit merosot karena warga yang membeli tidak banyak. Kalau tahun kemaren banyak warga yang membeli bendera untuk di pasang di depan rumahnya masing,” ung­kap­nya.

 Lebih lanjut dikatakan warga Solok ini yang sudah berjualan selama 3 kali saat mendekati 17 Agustus, salah satu faktor yang me­nye­babkan merosotnya penju­alan yaitu banyaknya pe­dagang-pedagang baru yang bermunculan.

Mereka memanfaatkan penyambutan Hari ke­mer­dekaan Indonesia  untuk mencari uang  dengan ber­jualan bendera.  Karena diketahui akan banyak warga ataupun ins­tansi-instansi lain yang mem­butuhkan bendera sebagai rasa solidaritasnya dalam memeriahkan hari kemer­dekaan.

Sementara untuk pen­jualan bendera sendiri, pe­dagang mematoki harga pada masing-masing ukuran ben­dera sangatlah bersahabat dan lebih terjangkau.

Harga beserta yang uku­ran besar di jual dengan kisa­ran Rp 65-100 ribu, sedang­kan ukuran kecil di jual seharga Rp25- 5.000 ribu.

Pedagang lainnya, Maya (32) yang telah berjualan selama 10 tahun menuturkan hal yang sama, ia juga me­rasakan kurangnya hasil pen­jualan di tahun ini.

Meskipun pemerintah sudah mengeluarkan surat edaran untuk mewajibkan pemasangan bendera di tiap-tiap rumah  yang berada di pinggir jalan, tetapi tetap saja jualannya sepi akan kon­sumen.

Diakuinya pada tahun ini ia mendapatkan omzet Rp 600 per hari pada hari-hari sebelumnya, ppdan tahun 2015 omzetnya mencapai Rp 1,5 juta per hari.

“Kurangnya penjualan tahun ini disebabkan ba­nyaknya pedagang baru  yang berjualan bendera, di tahun sebelumnya hanya beberapa orang saja,” ujar­nya.  Maya yang mengaku su­dah berjualan dari tanggal 1 Agustus tersebut, belum men­dapatkan hasil jualan dari tadi tadi pagi.

“Untuk hari ini saja saya belum dapat uang dari hasil jualan bendera, tadi hanya satu orang konsumen yang singgah disini, tapi diapun tidak jadi membeli,” aku­nya.

Bendera yang di jual Maya juga tidak mahal, uku­ran besar juga di jualnya dengan harga Rp65- 100 ribu, ukuran sedang Rp40 ribu, Sementara ukuran kecil yang bisa di gunakan untuk aksesoris motor dan mobil hanya di jual Rp 5000 ribu saja.

Salah seorang pembeli, Pardamaian Siregar (50) menuturkan pihaknya mem­beli bendera akan digunakan untuk dipasang di depan rumahnya. Karena tiap tahun saat moment menyambut 17 Agustus ia selalu melakukan hal tersebut.  (h/mg-ina).

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 13:19:50 WIB

    Pemko Padang Diminta Tindak Tegas Penjual Nakal di Lokasi Objek Wisata

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Padang Elly Thrisyanti Kamis (13/6) mengingatkan, adanya laporan dari pengunjung wisata terhadap tarif parkir dan harga makanan yang tidak terkendali pasca libur lebaran di kawasan ob.
  • Selasa, 03 Juli 2018 - 18:13:59 WIB

    Zakir, Penjual Ikan Keliling, Sepeda Tak Dikayuh Alamat Keluarga Tak Makan

    Zakir, Penjual Ikan Keliling, Sepeda Tak Dikayuh Alamat Keluarga Tak Makan Sabar dan penuh perjuangan, mungkin hal itu yang akan terlontar saat melihat sosok pria paruh baya penjual ikan keliling ini. Meski dalam keterbatasan, warga Siteba ini setiap hari berkeliling menjajakan ikan dengan sepeda tu.
  • Sabtu, 24 Maret 2018 - 01:04:36 WIB
    SUDAH DIBATASI PERDA

    Penjualan Miras Masih Bebas

    Penjualan Miras Masih Bebas PADANG, HALUAN----Komisi A DPRD Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur mengunjungi DPRD Kota Padang, belajar tentang Peraturan Daerah (Perda) Minuman Beralkohol. .
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 16:08:24 WIB

    Pedagang Teh Poci Jadi Tersangka Penjual Narkoba

    Pedagang Teh Poci Jadi Tersangka Penjual Narkoba PADANG, HALUAN- Satuan Narkoba Polresta Padang kembali mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Kota Padang. Kali ini tersangka Fitriani (34) yang terbukti menggunakan narkoba jenis sabu berhasil diringkus. Ba.
  • Jumat, 01 Juli 2016 - 06:32:58 WIB

    Hukum ‘Penjualan Uang Baru’ Masih Pro dan Kontra

    Hukum ‘Penjualan Uang Baru’ Masih Pro dan Kontra PADANG, HALUAN — Se­tiap menjelang Lebaran tiba peredaran uang baru di pinggir jalan semakin ramai. Ini mem­buat pro dan kontra terjadi di masyarakat tentang hukum ‘penjualan uang baru’. Se­mentara terkait hal itu be.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]