BMKG Sicincin Sosialisasi Agroklimat di Bukittinggi


Sabtu, 13 Agustus 2016 - 05:05:28 WIB
BMKG Sicincin Sosialisasi Agroklimat di Bukittinggi Para peserta kegiatan sosialisasi yang digelar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sicincin di Bukittinggi foto bersama, Jumat (12/8). (GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Dalam rang­ka mendukung terwujudnya ketahanan pangan di wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Iklim Sicin­cin Sumbar, mengelar Sosialisasi Agroklimat Provinsi Sumbar Tahun 2016.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung selama dua hari di Hotel Rocky Bukittinggi, Rabu-Kamis (10-11/8), diikuti oleh 25 peserta penyuluh pertanian lapangan (PPL) dan pengamat hama penyakit (PHP) dari Kabu­paten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

“Sosialisasi guna memberikan penge­tahuan dan pemahaman informasi Iklim kepada PPL dan PPH, sehingga  nantinya mereka dapat  dapat mentransfer  penge­tahuannya pada level petani,” ujar Kepala BMKG Stasiun Iklim Sicincin Heron Tarigan ketika membuka kegiatan sosialisasi terse­but, Rabu (10/8).

Melalui sosialisasi yang diberikan ini katanya, diharapkan terjadinya pening­katan pemahaman petani terhadap informasi iklim dan dampaknya pada kegiatan pertanian, sehingga mereka dapat menentukan sikap serta mengambil keputusan yang tepat sebagai upaya adaptasi variabilitas iklim.

Ketua Pelaksana Sosialisasi Sayadi menyebutkan, kegiatan ini rutin dilaksa­nakan BMKG Sicincin dua kali dalam setahun yang dimulai sejak 2010 silam. Materi yang disampaikan dalam sosialisasi di antaranya cuaca dan unsur iklim dan penggunaan teknologi sederhana untuk membantu petani yang dilakukan dalam bentuk ceramah dan simulasi. (h/tot)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]