Mahasiswa Tolak Komersialisasi Pendidikan Tinggi


Sabtu, 13 Agustus 2016 - 05:10:48 WIB

PADANG, HALUAN — Puluhan mahasiswa Uni­versitas Andalas menolak terjadinya komersialisasi di perguruan tinggi yang mengakibatkan biaya kuliah sulit dinjangkau oleh mahasiswa. Sebagai bukti, usai berkurangnya kuota bidik misi di Unand, banyak mahasiswa yang harus membayar uang kuliah tunggal (UKT) pada level tertinggi.

Aksi mahasiswa yang melibatkan Lembaga Advokasi Masyarakat dan Pengkajian Masyarakat (LAM PK) Fakultas Hukum Unand bersama BEM Unand dimulai sebelum kuliah umum yang mendatangkan Menristekditi Muhammad Nasir di Convention Hall Unand, Jumat (12/8). Selain membentang spanduk yang berisi penolakan, mahasiswa juga menggelar aksi tutup mulut.

Diki Rafiqi dari (LAM PK) Unand menyatakan terjadinya penurunan bantuan operasional pergu­ruan tinggi dan sejumlah dana dari pusat tidak disikapi secara arif oleh perguruan tinggi. “Hibah kompetitif yang dianggarkan pemerintah untuk perguruan tinggi menjadi kendala keuangan kampus. BOPTN yang jumlahnya menurun juga menjadi masalah dan berakibat naiknya UKT,” jelasnya.  

Selain itu, kata Diki, penerapan kembali jalur mandiri juga menjadi sorotan saat ini. Penerapan jalur mandiri ini mengurangi hak calon mahasiswa baru yang berprestasi tapi kurang mampu untuk mengenyang pendidikan tinggi.

“Itulah yang mendasari kami melakukan aksi peduli pendidikan komersialisasi pendidikan tinggi. Kembalikan mahasiswa bidikmisi yang terdiskualifikasi mendapatkan bidikmisi, hapuskan hibah kompetitif, dan hapuskan jalur mandiri,” harapnya. Gusti Fauzi dari BEM Unand juga menyebutkan, aksi penolakan ini sudah pernah dilakukan seluuruh BEM se-Indonesia.

“BEM seluruh Indonesia telah turun untuk memperjuangkan itu. Namun nyatanya anggaran pendidikan itu diusulkan turun lagi. Dengan angaran yang lama (sebelum turun),  beberapa kerugian diterima universitas terutama mahasiswa. Jalan anak bangsa untuk mengenyam pendidikan sulit, maka kewajiban kita untuk memperjuangkan,” sebutnya.

Usai memberikan kuliah umum, Menristekdikti Muhammad Nasir didampingi Rektor Unand Tafdil Husni melakukan pertemuan dengan perwakilan mahasiswa. Ia memberikan penjelasan satu persatu pertanyaaan yang disampaikan mahasiswa Unand dalam tuntutannya tersebut.

Menristekdikti Muhammad Nasir  menye­but­kan, penerapan UKT yang dilakukan saat ini bukanlah sebagai liberasi. Namun ini dilakukan menyikapi banyaknya penarikan biaya kuliah dari SPP yang dibebankan kepada calon mahasiswa, sehingga UKT tersebut diterapkan agar dapat mengukur kemampuan orangtua mahasiswa. (h/eni)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 17:45:32 WIB

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Walikota Padang, Hendri Septa meresmikan Rumah Pintar Peduli Anak Nagari di Perumahan Cimpago Permai, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumbar, Minggu (23/2/2020). .
  • Kamis, 14 November 2019 - 18:52:09 WIB

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven "Kota Tua Bacarito"

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven PADANG, HARIANHALUAN.COM -  Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas menyelenggarakan iven "Kota Tua Bacarito" di kawasan Kota Tua Padang, Jalan Batang Arau, tepatnya di Padangsche Spaarbank, Kamis (14/10). .
  • Kamis, 22 Agustus 2019 - 15:04:46 WIB

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol PADANG,HARIANHALUAN.COM-Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah berikan materi pada mahasiswa baru (MABA) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dalam rangka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), di Ged.
  • Selasa, 31 Juli 2018 - 10:14:25 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Universitas Bung Hatta (UBH) Padang jalin kerjasama bidang autocad dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang untuk peningkatan kompetensi mahasiswa..
  • Senin, 05 Februari 2018 - 01:48:34 WIB
    LOKAKARYA PROGRAM KKN-PPM

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH PADANG, HALUAN--Pengelola Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta mengelenggarkan Workshop Rancangan Program KKN-PPM oleh Dosen Pembimbing Lapangan Tahun 2018. Kegiatan ini ber.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]