Cuaca Buruk Pengaruhi Hasil Tangkapan Nelayan


Ahad, 14 Agustus 2016 - 16:01:04 WIB
Cuaca Buruk Pengaruhi Hasil Tangkapan Nelayan Nelayan Amping Parak Sutera Kabupaten Pessel pulang melaut. Hasil yang didapatkan nihil akibat badai yang terjadi tiga hari belakangan. (HARIDMAN)

PAINAN, HALUAN-Cuaca buruk beberapa hari terakhir akibatkan tangkapan nelayan rendah. Bahkan banyak nelayan membatalkan rencana melaut.

Terganggunya aktivitas nelayan berdampak pada harga ikan di pasaran. Harga ikan basah mencapai Rp27 ribu per kilogram. Hal yang sama juga terjadi pada ikan kering dan bahkan kini ikan kering menjadi primadona bagi ibu rumah tangga. 

Sius (47), pedagang ikan kering di painan menyebutkan, penjualan ikan kering kini akan lebih dapat untung, bila ada permintaan dari laur daerah, sebab bisa di jual dengan keuntungan mencapai 10 persen dibanding   pembeli tingkat lokal.  "Kondisi ini, memang  dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat yang lebih cendrung pada jenis ikan basah. Kalaupun ada yang membeli ikan kering, paling sebagai stok apa bila nelayan tidak bisa turun kelaut, atau apa bila ikan langka," jelasnya. (h/har)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]