Pengelolaan SDA Masih Terkendala Izin


Senin, 15 Agustus 2016 - 05:08:43 WIB

SOLSEL, HALUAN — Pemerintah Solok Selatan (Solsel) kesulitan maksimalkan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) sektor energi dan pertambangan karena rumitnya birokrasi terkait pengurusan izin. “Kita inginkan SDA yang dimiliki Solsel bisa mensejahterakan kehidupan masyarakat khususnya sektor pertambangan. Tapi, saat kita upayakan mencari investor untuk mengelola terkendala oleh sulitnya izin yang masih terpusat,” kata Bupati Solsel, Muzni Zakaria pada Haluan, Jumat, (12/8) lalu.

Sehingga, katanya, ketika ada upaya mencari investor khusunya pengelolan tambang emas terkendala izin yang dike­luarkan apalagi daerah operasional hutan lindung dan aliran sungai. Akibatnya, masyarakat jadi penambang liar dan tidak menghasilkan pendapatan bagi daerah. “Namun, kita tidak berhenti untuk mengu­payakan agar mampu menghasilkan pen­da­patan bagi daerah dan bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Ia mengharapkan, dalam pengurusan izin tambang emas dipermudah. “Kita harapkan pengurusan izin jelas tenggat waktu serta dipermudah tingkat pusat,” harapnya.

Kemudian, sektor energi panas bumi atau geothermal yang dikelola oleh pihak PT Supreme Energy Muaro Labuh diyakini mampu menjadi sumber energi terbarukan. “Saat ini PT Supreme Energy belum operasi, tapi setelah operasi nanti kita yakin akan menjadi andalan Solsel sebagai penghasil listrik dan penyumbang pendapatan asli daerah,” terangnya. (h/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Juni 2020 - 16:55:47 WIB

    Hendrajoni: Pengelolaan Kawasan Wisata Mandeh Bergeser Jadi Premium

    Hendrajoni: Pengelolaan Kawasan Wisata Mandeh Bergeser Jadi Premium HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, H.Hendrajoni membuka Webinar Pengelolaan Kawasan Mandeh Era Covid-19 yang diselenggarakan Jurusan Biologi Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) U.
  • Rabu, 09 Oktober 2019 - 15:47:17 WIB

    Sadar Pengelolaan Sampah Sejak Dini, Kenapa Tidak!

    Sadar Pengelolaan Sampah Sejak Dini, Kenapa Tidak! Aparatur Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PerkimLH) Kabupaten Sijunjung mengadakan Sosialisasi Gerakan Pengurangan Reduce, Reuse dan Recycle (GPS 3R)..
  • Kamis, 06 April 2017 - 11:27:47 WIB

    Pengelolaan Hutan Pinus Dipertanyakan

    Pengelolaan Hutan Pinus Dipertanyakan PASAMAN, HALUAN - Puluhan warga Abam, Nagari Lubuk Layang, Kecamatan Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, temui bupati dan wakil bupati setempat, Rabu (5/4). Mereka, mempertanyakan legalitas pengelolaan ratusan hektare hutan pinus.
  • Ahad, 17 Juli 2016 - 20:03:39 WIB

    Ambil Alih Pengelolaan Pendidikan Menengah Atas Belum Jelas, Pemda Pasbar Selalu Siap

    Ambil Alih Pengelolaan Pendidikan Menengah Atas Belum Jelas, Pemda Pasbar Selalu Siap PASAMAN BARAT, HALUAN -- Rencana pengambilalihan kewenangan pendidikan menengah atas (SMA) oleh provinsi di tahun ini belum bisa dipastikan walaupun SOTK sudah diserahkan ke Provinsi Sumbar. Pasalnya, gugatan salah satu kota .
  • Sabtu, 06 Februari 2016 - 03:40:48 WIB

    Pemkab Solsel Siapkan Perda Pengelolaan Sampah

    Pemkab Solsel Siapkan Perda Pengelolaan Sampah SOLSEL,HALUAN—Pe­merin­tah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) tengah melakukan pem­bahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait penge­lolan sampah dan pemantauan lingkungan hidup di kantor bu­pati setempat,(5/2).
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]