Masyarakat Solok Selatan Dambakan Jalan Tembus Kambura


Senin, 15 Agustus 2016 - 05:09:54 WIB

SOLSEL, HALUAN — Bupati Solok Selatan (Solsel), Muzni Zakaria menyebutkan, jalan tembus Kambang-Muaralabuh (Kambura) merupakan impian masyarakat Solsel dan Pesisir Selatan (Pessel).

“Jalan tembus Kambura mempersingkat jarak tempuh kedua daerah. Saat ini jarak tempuh Solsel-Pessel meng­habiskan waktu 7 sampai 8 jam,” katanya.

Apabila tembus jalan Kam­­bura yang berjarak sekitar 50 kilometer, maka diperkirakan menghabiskan waktu hanya sekitar 45 menit. “Jalan sepanjang 17 kilo­meter yang tersisa tersebut merupakan kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seb­lat (TNKS). Pemerintah ting­gal melanjutkan pembukaan jalan tersebut,” tuturnya, Selasa (9/8).

Kemudian, Pemda Solsel akan mematuhi semua per­syaratan yang diberikan oleh pihak TNKS asal diberikan izin untuk bisa kembali me­lan­jutkan pembukaan jalan Kambura. “Begitu juga keta­kutan terhadap praktek ilegal logging jika jalan Kambura sudah tembus, Pemda Solsel akan menjamin tidak akan ada ilegal logging,” terangnya.

Ia menambahkan, keun­tungan lain dari tembusnya jalan Kambura adalah mem­baiknya perekonomian kedua daerah. “Masyarakat Solsel mudah mendapatkan ikan laut segar karena jarak tem­puh yang sudah dekat, dan kedua masyarakat bisa sama-sama menikmati keindahan kedua daerah. Dan yang paling bermanfaat lagi, jalan Kambura bisa menjadi jalur alternatif evakuasi bila sewak­tu-waktu terjadi bencana tsunami,” tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Gu­bernur Sumbar (Sumbar) Nasrul Abit mengatakan seri­us dalam upaya pembukaan jalan tembus Kambura. Kese­riusan tersebut ditunjukan dengan  telah disampai­kan­nya permohonan kepada pihak kementerian Lingku­ngan Hidup dan Kehutanan.

“Permohonan yang saya ajukan telah diterima ibu Menteri, Siti Nurbaya, seti­daknya 10 orang bupati/walikota di Sumbar telah menandatangani kesediaan terkait akses jalan di zona TNKS itu untuk peningkatan arah timur,” kata Nasrul Abit, Rabu, (3/8).

Ia menjelaskan, setidak­nya ada tiga titik pemba­ngunan sarana infrasturktur di Sumbar yang telah dite­rima katanya, yakni jalan tembus Kambang-Muara La­buh, rest area kelok 9 dan jalan tembus Lubuk Mintu­run, Padang-Paninggahan, Kabupaten Solok. (h/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]