MERASA MENUMPANG DI AREAL HGU

Pemkab Solsel Ajukan Surat Izin ke PT MK


Senin, 15 Agustus 2016 - 05:11:00 WIB

SOLSEL, HALUAN — Pe­merintah Solok Selatan (Solsel) merasa saat ini pihaknya seolah menumpang di areal Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan peng­hasil teh, PT Mitra Kerinci (MK). Ini terkait juga dengan 13 syarat izin melakukan pe­nge­rasan jalan menuju destinasi wisata Tansi Ampek. Hal itu dikatakan Bupati Solsel, Muzni Zakaria pada awak media be­berapa waktu lalu.

“Seakan pemerintah yang menumpang di HGU PT Mitra Kerinci. Perlu kajian bersama, ke depan dalam memberikan izin HGU agar ada suatu ke­bijakan yang sangat adil sehing­ga tidak membatasi pengem­bangan daerah sektor ekonomi dan pariwisata. Namun, kita bersyukur pihak PT Mitra Kerinci bermurah hati memberi izin kendati bermacam persya­ratan dan akan dilakukan pe­nge­rasan pada 2017,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Solsel mengajukan surat terkait Peningkatan Akses Jalan Ger­bang Mitra Kerinci menuju Tansi Ampek sepanjang 8 km, pada 13 Mei 2016 lalu. “Di­sebabkan potensi wisata air terjun Tansi Ampek merupakan salah satu objek unggulan wisata Solsel, maka perlu du­kungan akses jalan yang mema­dai menuju lokasi yang ber­dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” sebut bupati lagi.

Berdasarkan surat izin yang diberikan oleh PT Mitra Kerinci melalui surat tertanggal 5 Agus­tus 2016 dengan Nomor 01/MK/460/VIII/2016 yang ditan­datangani langsung oleh Direk­tur Mitra Kerinci, Yosdian Adi Pramono, disebutkan konsep pengerasan tidak boleh me­rusak areal tanaman teh dengan lebarnya sesuai dengan yang sudah ada. Pengerjaan diawasi pihak perkebunan, lokasi di tempat Tansi Ampek tidak boleh dibangun tempat parkir karena lokasi parkir ditetapkan di Afdeling B.

Selanjutnya pengerasan mengikuti ketentuan Mitra Kerinci, pengerasan dilakukan secara bertahap, retribusi dan pendapatan yang muncul kare­na dibukanya jalan ditetapkan dalam perjanjian tersendiri dan termasuk diatur dalam per­janjian potensi sampah pe­ngunjung.(h/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 10 September 2020 - 18:54:28 WIB

    Pemkab Pessel Serahkan Bantuan untuk Pasien Covid-19

    Pemkab Pessel Serahkan Bantuan untuk Pasien Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat menyerahkan bantuan berupa, makanan dan vitamin ke pasien positif Covid-19 yang menjalan.
  • Rabu, 09 September 2020 - 15:29:23 WIB

    Pemkab Dharmasraya Mulai Bagikan Dana BST Kabupaten

    Pemkab Dharmasraya Mulai Bagikan Dana BST Kabupaten HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat mulai membagikan dana Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari kas daerah itu, Rabu (9/9/2020). Pembagian ditunaikan langsung untuk dua tahap berturut-.
  • Jumat, 04 September 2020 - 11:01:46 WIB

    Pemkab Pessel Komitmen Perkuat Jaga Keasrian Kawasan Wisata Mandeh

    Pemkab Pessel Komitmen Perkuat Jaga Keasrian Kawasan Wisata Mandeh HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan berkomitmen kuat untuk menjaga keasrian dan kelestarian kawasan Wisata Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan. Upaya itu dilakukan karena kawasan tersebut merupaka.
  • Selasa, 01 September 2020 - 13:18:05 WIB

    Rekonstruksi Fasum, Pemkab Padang Pariaman Ajukan Proposal Ke BNPB Pusat Senilai Rp193 Miliar

    Rekonstruksi Fasum, Pemkab Padang Pariaman Ajukan Proposal Ke BNPB Pusat Senilai Rp193 Miliar HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman mengajukan proposal permohonan rehabilitasi dan rekonstruksi fasilitas umum atau sarana vital untuk daerah yang telah terdampak bencana. Permohonan itu akan diajukan ke .
  • Kamis, 27 Agustus 2020 - 12:53:34 WIB

    Pemkab Pessel Akan Lakukan Revitalisasi Lima Pasar Melalui Dana Pusat

    Pemkab Pessel Akan Lakukan Revitalisasi Lima Pasar Melalui Dana Pusat HARIANHALUAN.COM - Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan kembali melakukan revitalisasi atau pengembangan sarana pasar tradisional Surantih, Kecamatan Sutera, menjadi dua tingkat dengan anggaran senilai Rp2,2 miliar.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]