Bupati Terima Gelar Pandeka Maharajo Sati


Senin, 15 Agustus 2016 - 05:11:44 WIB
Bupati Terima Gelar Pandeka Maharajo Sati BUPATI Solsel, Muzni Zakaria menerima gelar silek ‘Pandeka Maharajo Sati’ yang diberikan oleh Datuk Kutamanggungan (Tetua Silek Minang) di Nagari RPC, Kecamatan Sangir Batang Hari, Sabtu malam, (13/8). (JEFLI)

SOLSEL, HALUAN — Bu­pati Solok Selatan (Solsel), Muzni Zakaria terima gelar silek ‘Pandeka Maharajo Sati’ yang diberikan oleh Datuk Kutamanggungan (Tetua Si­lek Minang) di Nagari Ranah Pantai Cermin (RPC), Ke­camatan Sangir Batang Hari, Sabtu malam, (13/8). Kegia­tan festival silek tradisi Mi­nang­kabau sekaligus pengu­kuhan perhimpunan silek Sumatera Barat (Sumbar) merupakan rangkaian festival Rang Solsel Baralek Gadang 2016.

“Semoga silek tradisional Minangkabau lestari dengan baik dan semakin maju kede­pannya sehingga kebudayaan asli tetap terjaga. Dan rasa terimakasih serta apresiasi atas penghargaan yang dibe­rikan Datuk Kutamang­gu­ngan sebagai Pandeka Maha­rajo Sati,” ucap Muzni Za­karia.

Acara dihadiri oleh Tuo-tuo silek se-Sumbar beserta para pendekar dari berbagai aliran dan perguruan pencak silat. Antusias masyarakat Solsetinggi, terlihat saat acara penampilan pertunjukan at­raksi seni silat tradisi di RPC meriah.

Menurut Kepala Dinas Budaya Pariwisata dan Pe­muda Olahraga, Solsel, Doni Hendra dalam acara tersebut juga ditampilkan eksebisi silek dari Tigo Luak. “Aliran silek di Solsel cukup beragam seperti Silek Pakiah Rabun dan Silek Calau dari Bidar Alam, Silek Pangean dari RPC, Silek Ridho Ilahi dari Sangir, Silek Luncua Muaro Labuh, Silek Padang dari Abai dan lainnya,” pung­kasnya. (h/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]