KONI Sumbar Evaluasi Persiapan Cabor


Senin, 15 Agustus 2016 - 05:18:12 WIB

PADANG, HALUAN — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat menggelar rapat dengan para Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga (Cabor), Sabtu (13/8) di Hotel Axana Padang. Rapat ini digelar untuk mengevaluasi persiapan Cabor menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Bandung, Jawa Barat.

“Melalui rapat ini kami ingin mengetahui sejauh mana perkembangan Cabor dalam mempersiapkan atlet menghadapi PON. Baik latihan yang sedang mereka jalani, hasil uji coba mereka dan kendala yang mereka hadapi,”ujar Plt Ketua KONI Sumbar, Syaiful, Sabtu (13/8).

Menurut Syaiful masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Cabor dalam mempersiapkan diri,  namun kendala tersebut tidak terlalu besar. “Seperti atlet cabang gulat yang mau memakai lapangan sepakbola GOR. H. Agus Salim tidak boleh menginjak rumputnya dengan sepatu biasa. Namun nanti akan kami komunikasikan dengan pihak terkait,”bebernya.

Sementara itu ada beberapa Cabor yang terkendala untuk menyediakan peralatan bertanding. Menurut Syaiful KONI Sumbar siap untuk membantunya. “Kami dari KONI siap membantu Cabor  mencarikan rekanan Cabor untuk penga­daan peralatan bertanding tersebut,” tuturnya.

Beberapa Cabor yang melakukan uji coba juga meraih hasil yang baik. “Mungkin hanya cabor permainan yang masih bisa melakukan uji coba. Sementara itu untuk Cabor beladiri rasanya tidak akan mungkin untuk menggelar uji coba. Sebab waktu PON sudah semakin dekat. Akan sangat beresiko jika cabor beladiri melakukan uji coba,”jelasnya.

Persiapan menghadapi PON saat ini berbeda dengan sebelumnya. Pada saat ini Pengprov dan pelatih memiliki peranan penting untuk menyiapkan atletnya dengan sebaik mungkin, mulai dari fisik atlet sampai dengan teknik dan strategi si atlet.

“Pada persiapan sebelumnya KONI Cabor hanya menunggu dari KONI. Namun pada persiapan saat ini kami menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih untuk mempersiapkan atlenya,”ujar pria yang juga berprofesi sebagai pengacara ini.

KONI Sumbar membagi tiga tahapan persiapan untuk menghadapi PON. Yaitu TC berjalan, TC penuh dan TC terpadu. Saat ini sedang memasuki TC penuh sampai dengan awal bulan September. Awal bulan September sampai dengan keberangkatan akan digelar nantinya TC terpadu.(h/san)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]