BATAGAK GALA

12 Datuk di Cubadak Dilewakan


Senin, 15 Agustus 2016 - 05:31:10 WIB
12 Datuk di Cubadak Dilewakan Para datuk yang dilewakan dalam alek gadang di Kantor KAN Cubadak, Lima Kaum, Tanah Datar, Sabtu (13/8).

Batusangkar, Haluan —  Warga Jorong Cubadak, Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, Tanah Datar baralek gadang, Sabtu (13/8). Sebanyak 12 datuk dilewakan. Masyarakat setempat pun sumringah, karena sudah sejak 1973 tak ada alek seperti itu.

Para datuk yang dilewakan itu yakni, Ismet Dt Rajo Panghulu, Dodi Dt Panghulu panjang, Jalubis Dt Basa, Zulhanif Dt Bungsu, Anditas Dt Tanaro, Lukman Dt Domo, Syafril Dt Panghulu Basa, Syahrial Dt Rajo Lelo, Wirman Dt Tamajo, Zulmaili Dt Bagindo Basa, Nifdianto dt majo Indo, dan Burhanif Dt Mangkudum.

Kegiatan tersebut ditandai dengan makan bersama yang melibatkan hampir seluruh warga jorong, pidato adat Wakil Ketua KAN Cubadak Datuak Panduko dengan seluruh ketua KAN di Kecamatan Lima Kaum dan peresmian oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma di kantor KAN setempat.

Rangkaian acara itu sudah dimulai sejak Jumat (12/8) berupa penyembelihan kerbau dan malamnya dilanjutkan dengan hiburan tradisional berupa saluang.

Zuldafri Darma dalam sambutannya memuji digelarnya kegiatan tersebut. “Kami menyadari pengangkatan datuk tidak mudah, ada proses dan segala per­masa­lahannya. Untuk itu jadikan momentum ini untuk meningkatkan pembangunan adat, agama dan fisik di daerah ini,” ujarnya.

Ia pun berharap kepada para penghulu yang dilewakan untuk mengawasi dan membina anak dan kemenakan masing-masing untuk terus meningkatakan pe­mahaman agama dan adat dalam kehidupan sehari-hari, apalagi tantangan sekarang dan ke depan tidak ringan, yang banyak memicu persoalan sosial.

Sementara Ketua Panitia Acara, Erman mengatakan pelewaan tersebut untuk ‘mambangkik batang tarandam’, setelah puluhan tahun tidak dilaksanakan. “Ini wujud kebersamaan masyarakat dan ter­peliharanya semangat gorong-royong, mari sama-sama kita jaga dan tingkatkan,” tuturnya.

Ia pun berharap kepada para datuk yang diangkat untuk dapat mengemban amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya.(h/nov)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]