Bukittinggi Siap Jadi Tuan Rumah Penutupan Tds tahun depan


Senin, 15 Agustus 2016 - 05:38:19 WIB
Bukittinggi Siap Jadi Tuan Rumah Penutupan Tds tahun depan Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias melepas peserta TdS 2016 di depan Istana Bung Hatta, Minggu (14/8).

BUKITTINGGI, HALUAN — Start etape 8 Tour de Singkarak (TdS) 2016 di Bukittingi berlangsung sukses dan meriah. Star yang dipusatkan di depan Istana Bung Hatta, dilepas secara langsung oleh Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, Minggu (14/8).

Ribuan warga dan pe­ngun­jung juga tampak tumpah ruah untuk menyaksikan  lomba balap sepeda internasional ini. Warga dan pengunjung tidak hanya memadati lokasi start di kawasan pelataran Jam Gadang, namun juga memadati jalur-jalur yang dilewati para pem­balab.

Etape 8  yang merupakan etape terakhir dalam pelak­sanaaan TdS 2016, menempuh jarak sepanjang 146,5 km, yang diawali star dari Istana Bung Hatta, Bukittinggi, dan dilan­jutkan dengan rute Panorama-Simpang Tembok-Kantor Balai Kota Bukittinggi-Simpang Man­di Angin-Simpang Taro-Lapa­ngan Kantin-Padang Luar-Simpang Malalak-Sicincin-Jalan Padang Bukittingi-Jalan S Parman- Jl Juanda-Jl Veteran-Jl Pemuda-Simpang Hang Tu­ah-Jl Samudra-Danau Cimpago dan finis di Tugu Perdamaian Kota Padang.

“Kita bersyukur pelak­sa­naan star etape 8 di Kota Bukittinggi berlangsung sukses, lancar dan meriah sesuai de­ngan harapan yang telah dire­ncanakan sebelumnya,” ujar Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias usai melepas peserta lomba balab sepeda tersebut.

Menurut Ramlan, TdS yang diikuti 230 pembalap dari 15 negara itu berlangsung cukup meriah, karena sebelum  pe­serta dilepas mereka dihibur terlebih dahulu dengan atraksi kesenian tradisional.

Ia juga menyatakan ke­banggaannya, atas sukses ter­selenggaranya etape 8 TdS tahun ini dan berharap untuk penyelenggaraan TdS tahun depan Kota Bukittinggi bisa menjadi tempat penutupan (closing) TDS. Karena, selama ini closing yang dilaksanakan selalu di Kota Padang.

Keinginan Ramlan untuk penyelenggaraan closing TdS tahun depan, setelah melihat antusiasnya masyarakat me­nyaksikan kegiatan city tour yang berlangsung, Sabtu (13/8). Ia memperkirakan, hampir 6.000 ribu orang hadir me­nyaksikan acara city tour. Di­tam­bah lagi, tumpah ruahnya warga yang menyaksikan grand star etape 8 disepanjang rute yang dilewati pebalab.

“Apabila kami ditunjuk sebagai tempat penutupan TdS tahun depan, kami siap me­laksanakan acara yang lebih besar lagi di tahun mendatang, guna meningkatkan kunjungan wisatawan  ke Kota Bu­kit­tinggi,” ujar Ramlan.

Untuk memenuhi keinginan tersebut, ulasnya, ia akan beru­saha untuk melobi Kemen­terian Pariwisata, agar tahun depan Bukittinggi bisa ditunjuk sebagai tempat penutupan TdS. Karena selama ini, penutupan TdS hanya dilakukan Kota Padang.

Sementara itu, Ketua DP­RD Kota Bukittinggi, Benny Yusrial menyambut baik kei­nginan Wako Ramlan, agar acara penutupan TdS tahun depan dilaksanakan di Bu­kittinggi. “Konsekwensi dari pada acara closing TdS tahun depan adalah kita harus menyi­apkan dana yang cukup, agar acara tersebut dapat berjalan dengan sukses,” kata Benny.

Oleh karena itu, katanya, Pemko Bukittinggi harus me­nyiapkan infrastruktur di dalam Kota Bukittinggi. “Kami di DPRD, siap mendukung apa­bila Bukittinggi ditunjuk se­bagai tempat closing TdS tahun depan,” ungkap Benny.

Sebelumnya, Sabtu (13/8) Pemko Bukittinggi menggelar kegiatan city tour bagi peserta lomba balab  TdS. Para pem­balab diajak berangkat dari hotel menggunakan bendi yang diiringi talempong menuju kawasan Jam Gadang Bukit­tinggi.

Di Jam Gadang, mereka disambut komunitas sepeda ontel untuk masing masing negara peserta dan didam­pingi Bujang Jo Gadih Bukit­tinggi. Kemudian city tour dilanjutkan menuju Taman Panorama dan Lobang Jepang sekaligus me­nikmati View Ngarai Sianok, serta dilanjut­kan naik bendi mengelilingi Kota Bukittinggi. Peserta lomba balab sepeda ini juga dijamu makan malam oleh Pemko Bukittinggi di Istana Bung Hatta. (h/tot/ril)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]