PEDULI PETANI

LP2M Jalin Kerja Sama dengan Universitas di Taiwan


Senin, 15 Agustus 2016 - 05:45:18 WIB
LP2M Jalin Kerja Sama dengan Universitas di Taiwan Penandatanganan kesepahaman antara perwakilan National Chiao University of Taiwan (NCTU) dengan LP2M dan Bumi Ceria, Jumat (12/8). Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk anak muda Minangkabau sehat, kreatif dan peduli lingkungan. (HUDA PUTRA)

PADANG, HALUAN —Lem­baga Pengkajian dan Pem­ber­dayaan Masyarakat (LP2M) bersama Yayasan Bumi Ceria menjalin kerjasama bilateral dengan National Chiao Uni­versity of Taiwan (NCTU) dalam rangka Hari Anak Muda Se­dunia (International Youth Day), di Kampung Tanjung, Kuranji, Padang, Jumat (12/8). Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk anak muda Minang­kabau sehat, kreatif dan peduli lingkungan.

Direktur Eksekutif LP2M, Ramadhaniati menjelaskan, se­lain memperingati hari anak muda se-dunia, kegiatan ini juga diselingi dan diskusi serta ber­bagi pengalaman di bidang lingkungan hidup terutama pertanian.

“Ini ada dua agenda, kita mencoba menggabungkan anak muda dengan ibu-ibu yang ber­profesi sebagai petani,” terang Ramadhaniati. Lebih lanjut dirinya men­jelas­kan, para rela­wan dari NCTU yang meru­pa­kan maha­siswi dan pembimbing akan berbagi apa saja yang menjadi temuan mereka di bi­dang per­tanian organik.

“Saat ini mereka (NCTU) punya sejumlah kegiatan yang fokus pada pertanian, dan me­reka akan berbagi pengalaman, seperti nanti akan ada praktek membuat microorganisme lokal dengan kulit buah-buahan atau sampah basah, pembuatan kom­pos gas dan pe­nanaman pohon,” sambungnya.

Heriyanto, Ketua Yayasan Bumi Ceria menjelaskan bahwa National Chiao University of Taiwan memiliki program, di­mana setiap tahunnya mengi­rimkan para relawan ke seluruh mancanegara. 

“Kebetulan sekarang ada di Indonesia. Mereka nanti mem­bahas isu apa yang menjadi kekhawatiran petani disana dan dampaknya terhadap petani disana, serta berbagi apa saja langkah yang mereka lakukan untuk menghadapi hal tersebut. Kita juga akan saling berbagi apa saja yang menjadi permasalahan petani disini, terutama yang perempuan,” terangnya.

Menurutnya yang menjadi kekhawatiran saat ini adalah, jumlah petani yang tiap tahun terus berkurang.

“Petani disini dianggap se­bagai pekerjaan yang kurang menjanjikan padahal di luar profesi petani dinilai tinggi bahkan mulia,” jelasnya.

Sementara itu Koordinator Program, Puji Wahyu Mulyani mengungkapkan untuk tujuan jangka pendek, kegiatan ini juga sebagai motivasi bagi anak muda terutama perempuan untuk pe­duli  terhadap kesehatan, me­ngem­bangkan kreativitas dan peduli terhadap lingkungan.

Sementara itu Apple salah seorang relawan dan juga meru­pakan pembimbing dari NCTU mengungkapkan, bahwa ini pertama kalinya ia datang ke Indonesia dan senang bisa saling bekerjasama serta berbagi pe­nga­laman dengan anak muda serta petani di Indonesia.

 “Kita sangat peduli dengan isu lingkungan hidup. Selama tiga hari, kita akan membagikan pengalaman kita di Taiwan,” terangnya. (h/mg-hud)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 11 Juni 2020 - 14:19:19 WIB

    Menuju New Normal, LP2M Gelar Lomba Tik Tok ala Milenial

    Menuju New Normal, LP2M Gelar Lomba Tik Tok ala Milenial HARIANHALUAN.COM - Kampanyekan New Normal, mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) atas dukungan Stichting Nederlandse Vrijwilligers (SNV) akan menggelar lom.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]