Dunia Maritim Diperkenalkan Sejak Dini


Senin, 15 Agustus 2016 - 05:48:03 WIB
Dunia Maritim Diperkenalkan Sejak Dini Sebanyak 50 siswa SD melepas tukik di Pantai Nirwana Padang, kemarin dalam program pengenalan wawasan kemaritiman untuk anak Indonesia.

PADANG, HALUAN—Kementerian Koor­dinator Bidang Maritim dan Sumber Daya RI, Asosiasi Mitra Bahari Indonesia (AM­BIN), beserta Konsorsium Mitra Bahari (KMB) Regional Center Sumatera Barat  menggan­deng Universitas Bung Hatta dalam kegiatan Program Pengenalan Wawasan Kemaritiman untuk Anak In­donesia (PPWK-AI) 2016.

Acara tersebut dilaksanakan selama dua hari, di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UBH pada hari pertama dan kunjungan lapangan ke Pelabuhan Teluk Bayur, Sentra Perikanan Pelabuhan Perikanan Nusantara Bungus dan pele­pasan puluhan ekor tukik di Pantai Nir­wana pada hari kedua.

Acara diikuti oleh guru pendamping dan peserta dari SD Al Azhar SDN 02 Ulak Karang, SDN 05 Surau Gadang Nanggalo, SDN 16 Surau Gadang Nanggalo dan SD Percobaan Padang.

Pada sambutannya, Ketua Panitia PPWK-AI 2016, Ir. Masrizal,MS. me­nya­takan bahwa kegiatan yang diikuti oleh 50 siswa SD tersebut, bertujuan untuk me­ngenalkan dunia kemaritiman kepada generasi masa depan bangsa sejak dini.

“Dengan kegiatan ini kami harap bisa memotivasi anak-anak Indonesia agar kenal dan paham wawasan tentang kema­ritiman. Selain itu bisa mencintai laut dan ikut serta melestarikannya,” jelasnya.

Sementara itu, Warek II UBH Dra. Susi Herawati,MPd, menyebutkan, sebagai negara maritim pemahaman atau rasa mencintai dunia maritim bagi anak-anak harus ditumbuhkan kembangkan sejak dini.

Dalam kesempatan yang sama, Ir. Elfi Wijayanti,MS.c, Sekretaris Deputi Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim, Kemenko Maritim menuturkan bahwa kegiatan PPWK-AI sudah disusun sejak lama.

Hanya saja, program ini baru berjalan bagi siswa yang menempuh jenjang SMP dan SMA. Kali ini, dengan dukungan banyak pihak termasuk dari UBH, Mitra Bahari Regional Sumatera untuk meng­galakkan program serupa di jenjang SD.

Dijelaskannya,  tujuan dari terse­lenggaraannya acara tersebut adalah untuk membangun budaya maritim kepada anak-anak sejak dini, selain mengenali dunia maritim, anak-anak diharapkan bisa memahami Sumber Daya Alam yang ada di laut. (h/ita)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]