Pasbar Makin Mantap Menata Nagari


Senin, 15 Agustus 2016 - 11:18:20 WIB
Pasbar Makin Mantap Menata Nagari Bupati Pasbar Syahiran.

PASBAR, HALUAN — Penataan pemerintah nagari di Pasbar semakin mantap dengan selesai dilakukan beberapa pro­ses pemekaran nagari tersebut. Bupati Pasbar Syahiran mengakui ma­syarakat mendukung pe­mekaran nagari men­ca­pai 95 persen. “So­sia­lisasi sudah selesai kita lakukan ke beberapa dae­rah di Pasbar. Dari hasil sosialisasi itu pada umumnya mereka setuju, hanya saja ada beberapa daerah yang masih belum siap. Te­tapi, pada intinya 95 persen ma­sya­rakat sudah setuju,” jelas Syahiran.

Syahiran menambahkan, ketika sosialisasi dilakukan ke beberapa nagari di Pasbar, mendengarkan pendapat masyarakat serta niniak mamak diyakini bahwa Pasbar se­makin matang untuk penataan nagari.

Sebelumnya, menurut Kepala Biro Pe­me­rin­tahan Provinsi Su­mbar Mardi me­nga­takan pe­me­karan nagari tidak se­mudah mem­balikkan t­e­lapak tangan. Dibutuhkan proses panjang untuk pemekaran nagari, ve­rifikasi, hingga Peraturan Daerah (Perda). Pemerin­tah kabupaten/kota yang mengajukan pemekaran nagari se­harusnya sudah melalui tahap demi tahap. “Kalau bisa pemerintah ka­bupaten/kota bergerak agar proses pemekaran nagari ini bisa ter­lak­sana,” jelas Mardi.

Ia menambahkan, Pemprov Sum­bar sifatnya menunggu usulan per­mintaan nomor registrasi nagari yang akan dimekarkan. Provinsi juga memberikan masukan jika daerah kesulitan dalam melewati tahap yang sudah ditentukan.

Sementara itu, Kabag Pe­me­rintahan Kabupaten Pasaman Barat Edison Zalmi perlu proses panjang akan dilewati seperti verifikasi setelah itu dituangkan ke dalam Ranperda hingga Perda. Persetujuan bupati, bupati mengajukan ke DPRD, di­pari­purnakan hingga menjadi Perda.

Ia menambahkan, Pasbar saat ini mengajukan 77 nagari tambahan atau pemekaran ke provinsi. Namun, meli­hat kondisi nagari Pasbar yang ada saat ini kemungkinan besar lebih dari 77 nagari. Karena salah satu syarat pemekaran nagari adalah jumlah penduduk minimal 4 ribu atau 800 KK. (h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]