Nagari Sinyamu Butuh Bibit Sawit


Senin, 15 Agustus 2016 - 11:19:08 WIB
Nagari Sinyamu Butuh Bibit Sawit Ilustrasi.

SIJUNJUNG, HALUAN — Untuk mendorong perekonomian masyarakat melalui sektor perkebunan, Warga nagari Sinyamu kec. Tanjung Gadang Kab. Sijunjung berharap pemerintah memberikan bantuan bibit Kelapa Sawit untuk mengisi lahan tidur  milik masya­rakat setempat. Pengembangan budidaya tanaman kelapa Sawit ini, dinilai sangat potensial karena dinilai sesuai dengan iklim dan kondisi tanah di daerah itu. “Sebelumnya sudah ada yang menanam, dan hasilnya cukup bagus dan memuaskan, sehingga masyarakat lainnya jadi termotifasi. Makanya kita berharap komoditi ini bisa menjadi andalan, kalau dikembangkan dan dikelola dengan serius,” kata Wali Nagari Sinyamu Da’i Asmadi ketika berdiskusi dengan senator DPD RI asal Sumbar Nofi Candra yang memanfaatkan masa resesnya menyambangi daerah itu, Sabtu (13/8) kemaren.

Pihaknya menyebutkan, peluang pe­ning­katan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah itu akan terbuka, mengingat disamping memiliki potensi lahan yang juga siap untuk ditanami. Sawit diakuinya, memiliki prospek yang bagus untuk meningkatkan pere­konomian masyarakat. Hal ini karena har­ganya yang stabil meskipun produktivitasnya terkadang naik dan turun. “Kalau untuk lahan ada, tapi bibit tak ada. Makanya kami mendambakan adanya bantuan bibit,” beber Da’i Asmadi didampingi tokoh masyarakat Sijunjung yang juga tenaga Ahli senator Nofi Candra, Yos Jodi.

Di samping memanfaatkan lahan tidur, kata Da’i, masyarakat yang berpenduduk sekitar 428 Kepala keluarga di daerah itu memang lbih banyak hidup di sektor pertanian da perkebunan seperti karet dan tanaman keras lainny”Upaya tersebut diprediksi mampu meningkatkan produktivitas lahan yang ada, sehingga akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan petani dan mengurangi potensi kemiskinan di daerah ini,” katanya.

Pihaknya merasa, penyampaian aspirasi kepada Nofi Candra dinilai pas, lantaran senator yang mewakili dapil Sumbar ini saat ini duduk di Komite II yang notabene membidangi masalah pertanian, perkebunan, perikanan, sumberdaya energi dan mineral. “Makanya kita berharap kepada pak Nofi Candra untuk bisa mengarahkan bantuan bibit dari kementerian pertanian untuk daerah kita ini,” imbuhnya.

Terhadap harapan masyarakat ini, Senator Nofi Candra memandang bantuan bibit yang diharapkan masyarakat itu bukan hal mustahil untuk diperjuangkan. Pihaknya justru men­dorong bagaimana program–program per­tanian dan perkebunan betul-betul menyentuh masyarakat yang ada di nagari. “ Pertanian pertanian dan perkebunan merupakan sektor utama penggerak perekonomian masyarakat di pedesaan. Hal ini tentu sejalan dengan program pemerintah yang ingin mem­bang­kitkan ekonomi kerakyatan,” kata Nofi.

Namun demikian pihaknya berharap kepada pemerintah nagari setempat untuk juga melibatkan pemerintah daerah Sijunjung dalam hal ini. Karena menurutnya, tentu akan lebih mudah untuk memperjuangkannya, kalau ada surat permintaan resmi dari pemerintah daerah setempat.” Silahkan pemerintah nagari me­nga­jukan permohonan kepada kementerian per­tanian dan perkebunan melalui pemerintah dae­rah, nanti akan kita kawal sampai ke ke­menterian. Hal yang sama juga telah kita laku­kan untuk pengembangan bibit gandum di Ala­han Panjang Solok,” ujar Nofi Candra. (h/ndi)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]