Kopwan Koto Kaciak, Berawal dari Julo-julo Hingga Beromset Miliaran


Senin, 15 Agustus 2016 - 11:19:56 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Koperasi Wanita (Kopwan)  Koto Kaciak,  Nagari VII Kota Talago, Kecamatan Guguk, Kabupaten Limapuluh Kota, menerima pengahrgaan dari Menteri Koparasi Usaha Kecil dan Menegah (UMKM) di bidang konsumen 2016. Penghargaan ini diserahkan langsung Presiden Joko Widodo dalam Hari Koperasi di Jambi belum lama ini.

Koperasi yang berawal da­ri julo-julo kaum hawa itu be­robah menjadi Koperasa ta­hun 1979 hingga 1989. Wa­lau begitu koperasi ini sem­pat fakum, barulah tahun 2001, mampu kembali me­mi­­lih ketua baru Hj. Sam­siar­Usman dan dilakukan pem­ben­tukan pengurus baru. Sa­at ini Koperasi tersebut men­ja­di koperasi berprestasi di ba­wah kepemimpinan Ke­tua Kopwan setempat, Ir.Elda.

Sekarang ini kantor dan tanah dan kantor sudah milik sendiri dan mobilernya ban­tuan melalui dana aspirasi DPRD Limapuluh Kota se­be­sar Rp75 juta dan Bansos dari Kemenkop sebesar Rp­65 juta untuk perlengkapan Waserda dan UKM Mart. Kopwan ini juga mem­beri­kan pelayanan listrik dan mampu memberdayakan pe­mu­da setempat.

Koperasi yang berbadan hukum tahun 1963 itu, saat ini sudah memiliki karyawan 10 orang. Sedangkan volume usaha sebesar Rp3 miliar dengan aset mencapai Rp­2,45 miliar. Kopwan mela­yani masyarakat pada empat nagari dalam tiga kecamatan, yakni Nagari VII Koto Tala­go dan 8 koto Guguk, di Kecamatan Guguk, Nagari Limbanang Kecamatan Suli­ki dan Nagari Mungka di Kecamatan Mungka.

Menurut keterangan Ke­tua Kopwan Koto Kaciak, Ir Elda dalam percakapan de­ngan Haluan, Sabtu (13/8) mengatakan, pelayanan sim­pan pinjam kepada anggota dilakukan Rabu dan Jumat. Untuk kegiatan Waserda berlangsung sepanjang hari. Diantara kegiatan itu, simpan pinjam merupakan unggulan. Dari rencana pendapatan Rp­100 juta pertahun terealisasi tahun buku 2015 mencapai Rp137.181.400, terjadi ke­nai­kan 37,18 persen.

Sementara pinjaman yang di­berikan kepada anggota yang berjumlah 707 orang ta­hun 2015 itu, sudah men­capai Rp1 miliar lebih. Kepa­da anggotanya yang dinilai ber­pres­tasi baik sebagai pe­nyim­pan terbaik maupun pe­min­jam terbesar dengan pengem­balian yang lancar, pengurus memberikan re­ward untuk memotivasi ang­gota lainnya.

Dikatakan, unit usaha Waserda dan penyediaan barang konsumsi sangat baik dilihat dari omset dan penda­patan yang relatif stabil. Karena Kopwan memiliki dua Waserda. Sejak tahun 2015 waserda I terletak di kantor Kopwan lama dan Waserda II berada di Kantor Kopwan beroperasi tahun 2014. Sekarang Waserda II berobah nama jadi UKM Mart Kopwan Koto Kaciak.

Menurut Elda, usaha Wa­ser­da tahun 2015 meng­ha­silkan keuntungan sebesar Rp­121.159.452 dari target Rp­ sebesar Rp121.159452. Se­dangkan usaha UKM Mart Rp­52.700.000 dan usaha Kon­sumsi mencapai Rp­15.­062.­­200. Namun, dalam pe­nge­­­lolaan Kopwan bukan tak ada kendala, di bidang ad­mi­nistrasi khususnya Waserda be­lum maksimal utamanya pen­­catatan cepat dan tepat me­ngenai transaksi dan lapo­ran kerena belum memiliki IT.

Kendala lain menurut Elda, penambahan modal Koperasi Wanita itu, belum seimbang dengan penam­bahan investasi, selain itu halaman kantor Kopwan dan UKM Mart belum dilantai Vaping blok dan tambahan atap kanopi supaya parkir kendaraan pengunjung aman dan nyaman.

”Pada tahun buku 2015 Kopwan berhasil mem­buku­kan keuntungan SHU sebe­lum pajak sebesar Rp215.­674.­055, meningkat diban­ding dengan SHU tahun 2014 yang baru sebesar Rp­206.­356.059,” ulas Elda yang didampingi Sekretaris Ira, Bendahara Arnita dan pe­ngawas Rusmaida di ruang kantor Kopwan tersebut

Jumlah modal dari sim­pa­nan pokok, simpanan wa­jib, simpanan wajib usaha dan simpanan sukarela mencapai Rp991.239.961. pada bidang sosial selain memberikan bea siswa berpresatsi kepada anak anggota mulai dari SD Rp100 ribu, SLTP Rp125 ribu dan SLTA Rp150 ribu. Mem­bayarkan THR kepada ang­gota serta memberikan kain kafan dan papan untuk kepe­luan jenazah anggota yang meninggal dunia. (zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]