Pemko Bukittinggi Terima Bantuan dari KLHK RI


Senin, 15 Agustus 2016 - 11:22:06 WIB
Pemko Bukittinggi Terima Bantuan dari KLHK RI WALIKOTA Bukittinggi, Ramlan Nurmatias foto bersama usai menerima bantuan dari KLHK RI di rumah dinas walikota di Belakang Balok, Sabtu (13/8). (RUDI GATOT) ?

BUKITTINGGI, HALUAN — Pemko Bu­kittinggi kembali meneriman bantuan sebanyak 26 becak motor dan 23 mesin pen­cacah sampah dari Kemen­terian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Bantuan tersebut di­se­rahkan secara simbolis oleh Direktur Pengelolaan Sam­pah dan Limbah B3 KLHK, Sudirman kepada Walikota Ramlan Nurmatias di rumah dinas walikota di Belakang Balok, Sabtu (13/8). Dalam penyerahan itu turut hadir Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Mulyadi.

Ramlan mengatakan, de­ngan diserahkannya bantuan tersebut, maka total bantuan yang diterima pemko dari KLHK RI pada tahun ini berjumlah 30 bentor dan 24 alat pencacah sampah. De­ngan jumlah tersebut, maka masing-masing kelurahan dari 24 kelurahan yang ada telah memilki satu unit becak motor pengangkut sampah dan satu unit alat pencacah sampah.

Ia menargetkan dengan pengoperasian dua fasilitas tersebut, maka keberadaan kontainer sampah di pinggir jalan dapat diminimalisir. Karena sampah rumah tang­ga akan langsung dijemput ke rumah warga. Selain alasan keindahan kota, hal tersebut bertujuan untuk menekan jumlah sampah luar kota yang dibuang ke dalam kota.

Menurut Ramlan, sebagai kota kunjungan, kebersihan merupakan suatu keharusan bagi Kota Bukittinggi, dan hal terpenting yang dilakukan adalah bagaimana mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga ke­besihan dan melakukan pe­ngolahan sampah.

Jika setiap kelurahan telah mengolah sampah dengan memanfaatkan mesin pen­cacah, maka volume sampah yang dibuang ke TPA akan berkurang. Dan sampah juga akan memiliki nilai eko­nomis, serta dapat diman­faatkan sebagai pupuk orga­nik. Untuk itu, Ramlan me­merintahkan setiap lurah dan SKPD terkait, untuk mela­kukan pembinaan kepada kelompok masyarakat untuk melakukan pemilahan dan pencacahan sampah dan membantu dalam hal pen­distribusian.

Sementara Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Mulyadi mengungkapkan, bantuan yang diserahkan tersebut merupakan wujud komit­mennya untuk membantu daerah asal pemilihan. Untuk tahun 2017, ia juga telah menargetkan akan me­ngalo­kasikan dana untuk penga­daan mesin penyapu jalan.

“Kita akan mendukung program pemko, untuk men­ciptakan Bukittinggi yang lebih bersih, indah dan nya­man. Bantuan yang diberikan tidak hanya dengan mem­bawa program pusat ke da­erah, tapi kita juga akan mengusahakan bantuan dari CSR perusahaan, sehingga pemanfaatannya akan lebih fleksibel,” ujarnya.

Direktur Pengelolaan Sam­pah dan Limbah B3, Sudirman menyampaikan, bantuan yang diberikan me­ru­pakan kerja sama antara KLHK dengan Komisi VII DPR RI, melalui program infrastruktur hijau. Target dari program tersebut adalah membantu pemerintah dae­rah dalam menata kota lebih baik dan ramah lingkungan. (h/tot)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]