Susu Kemasan Non-Halal Beredar


Senin, 15 Agustus 2016 - 11:29:09 WIB

AGAM, HALUAN — Pere­daranan produk susu kental manis dengan merek Diamond dari Malaysia dengan label non halal masih beredar dan dijual bebas di Lubuk Basung. Masya­rakat diminta untuk berhati-hati dalam membeli susu serta menghindari pruduk tersebut.

Susu dengan merek Dia­mond label non halal tersebut tidak menutup kemungkinan beredar dengan jumlah yang lebih banyak lagi di Agam. Sebab sejak ditemukannya sampel susu tersebut dinas terkait belum melakukan pe­na­rikan terhadap prouduk itu. Dari penemuan tersebut ada upaya penipuan kepada masya­rakat karena tulisan non halal tidak dicantumkan diluar kema­san pruduk,  namun didalam lipatan sehingga sulit dilihat.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ag­am dari Fraksi PKS, Masrizal menyayangkan dengan bere­darnya produk yang tidak halal di Lubuk Basung. Menurutnya, peredaran susu yang jelas tidak berlebel non halal harus ditarik cepat dari pasaran.

Dikatakan Masrizal, harus ada pendataan berapa banyak pruduk tersebut yang masuk Agam, serta pemetaan dimana saja beredarnya. Langkah-lang­kah yang pasti perlu dila­ku­kan. Jangan dibirakan saja sehingga merugikan umat Islam.

Ketua Umum MUI Agam Fauzi Damrah turut menyesal­kan hal tersebut. Bagaimana produk semacam itu bisa ma­suk. Informasi ini harus diseber­luas­kan kepada masyarakat sehingga tidak menjadi korban. “ Kami mengimbau masyarakat umat Islam tidak membeli susu kemasan Diamond tersebut,” jelasnya.

Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Agam, Jabanur me­nga­takan, terkait dengan bere­darnya susu merek Diamond dengan label non halal, di Lubuk Basung,  Pihaknya su­dah berkordinasi dengan dinas kesehatan untuk mengambil sampel, susu serta menyerahkan ke Balai POM Provinsi.

Dikatakan Jabanur, meski demikian distributor susu ter­sebut sudah menghentikan penditribusian susu tersebut. “Untuk produk susu yang su­dah dijual di toko maupun di pasar, kita mintak kecerdasan masyarakat saja untuk tidak membelinya, karena tak ada label halal,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan meningkatkan pe­nga­w­asan terhadap peredaran barang yang dijual di pasaran. Memang harus diperlukan pengawasan ketat.  (h/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]