Jaga Kamtibmas Butuh Dukungan Semua Elemen


Selasa, 16 Agustus 2016 - 03:03:36 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Guna mengantisipasi terja­dinya potensi konflik serta gangguan keamanan dan keter­tiban masyarakat (Kamtibmas) Sawahlunto, Walikota Ali Yusuf meminta dukungan dan par­tisipasi Forkopinda serta tokoh agama, adat dan masyarakat.

“Berkaca dari berbagai po­tensi yang terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia termasuk didaerah tetangga, hal hal seperti itu akan dapat ditangkal jika ada alur komunikasi yang baik lintas sektor, mulai dari pemerintah, ninik mamak, tokoh agama serta masyarakat itu sendiri,” ungkap Walikota dihadapan para tokoh tersebut beberapa waktu lalu.

Dukungan bersama, sebut­nya, nanti akan ditindaklanjuti dengan mengaktifkan simpul simpul perlindungan masyarakat sebagai garda terdepan deteksi dini dalam masyarakat. Pe­merintah pun meminta kepada masyarakat untuk membuka diri dan aktif untuk melaporkan hal-hal atau gerakan yang aneh dan mencurigakan dalam masyarakat agar situasi tetap kondusif.

Ditambahkan bapak tiga anak itu, meskipun situasi kam­tibmas di Sawahlunto secara umum dalam keadaan kondusif, tetap ada berapa hal terus dila­kukan pembenahan, terlebih semenjak menasbihkan diri sebagai kota wisata serta kota multi ivent, tentu banyak akti­vitas masyarakat yang perlu diwaspadai seperti peredaran narkoba dan lainnya.

“Melihat konflik yang terjadi dibeberapa daerah, ada tiga tiga aspek ketahan masyarakat yang berpotensi memicu konflik diantaranya faham keagamaan, akses sumber daya ekonomi khususnya pengelolaan sumber daya alam dan lemahnya pe­negakkan hukum,” terangnya.

Untuk itu dalam pertemuan ini diha­rapkan, bisa menggugah peran pa­ra tokoh agama, adat dan ma­sya­rakat untuk ber­parti­sipasi menjaga situasi kamtibmas dikota ini, sehingga pem­ba­ngunan Sa­wahl­unto akan berja­lan dengan baik menuju ke­sejahteraan ber­sama.

Tampak hadir dalam rakor tersebut Dandim 0310, SSD Letkol Inf.Zusnan Hadi Hudaya, Kapolres Sawahlunto AKBP. Riyadi Nugroho, Kajari Kahirul Anwar, Ketua Pengadilan Ne­geri, Flowerri Yulidas, Ketua MUI Darmuis, Ketua LKAM Adi Muaris dan Ketua KAN 10 Nagari serta tokoh tokoh ma­syarakat Sawahlunto. (h/mg-rki)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]